Zeiss bikin lensa lebar, tele dan makro untuk iPhone

Jajaran lensa ExoLens saat dipasangkan dengan iPhone.
Jajaran lensa ExoLens saat dipasangkan dengan iPhone.

Zeiss telah mengumumkan bahwa mereka bekerja sama dengan Fellowes Brands untuk memproduksi jajaran aksesoris lensa premium untuk fotografi menggunakan ponsel pintar.

Seperti diwartakan oleh Petapixel, Rabu (6/1/2016), sudah ada tiga lensa yang diproduksi, yaitu sebuah lensa sudut lebar, sebuah telefoto dan sebuah lensa makro. Dibuat oleh ExoLens, tiap lensa akan menggunakan optik Zeiss dan memiliki bahan sepuhan aluminium dengan logo khas Zeiss.

Untuk memasang lensa ke ponsel, diperlukan sebuah bracket yang "memeluk" ponsel di satu sisi dan memasangkan lensa dengan kamera ponsel di sisi lain. Bracket dengan bahan aluminium ini memiliki lubang ulir untuk lensa, serta bisa dipasangkan tripod dan aksesoris lainnya.

Dikutip dari DPReview, lensa makro akan mengubah panjang fokal iPhone dari 28mm (ekuivalen full frame) menjadi 40-80mm. Fokus terdekatnya menjadi 3cm saja. Sementara lensa sudut lebar memiliki pembesaran 0,6x, membuat panjang fokal iPhone menjadi setara 18mm. Yang terakhir, lensa tele memiliki pembesaran 2x lebih, menjadikan iPhone memiliki panjang fokal 58mm.

Lensa sudut lebar menggunakan empat elemen di dalam empat kelompok, sementara versi tele menggunakan lima elemen dalam tiga grup.

Jajaran lensa ExoLens juga akan menggunakan fitur lapisan T*, yang selalu hadir di lensa Zeiss papan atas. Lapisan ini anti-refleksi, membantu mengurangi flare yang tidak diinginkan, serta meningkatkan transmisi cahaya ke dalam sensor.

Zeiss menyatakan bahwa lensa dengan desain Mutar ini telah didesain sedemikian rupa untuk mengurangi chromatic abberations, gejala keunguan pada bagian-bagian yang mengalami kelebihan eksposur. Distorsi akan dibuat seminimal mungkin.

Lensa Zeiss ini baru akan hadir di kuartal kedua tahun 2016 (antara April hingga Juni), dan dapat dipasangkan dengan iPhone 6, 6 Plus, 6S dan 6S Plus. Harganya belum diketahui. Dukungan untuk gawai lainnya akan menyusul.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/22OnwjQ
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat