Wi-Fi HaLow sebagai koneksi masa depan

Ilustrasi pemanfaatan teknologi Wi-Fi
Ilustrasi pemanfaatan teknologi Wi-Fi

Dunia teknologi sekarang ini mengarah ke satu konsep bernama Internet of Things (IoT). Tujuannya adalah menghubungkan seluruh perangkat komputasi dengan infrastruktur internet untuk kebutuhan harian masyarakat.

Kebutuhan harian itu antara lain kemampuan berbagi data, kendali jarak jauh, serta operasional produk smart home, connected car, dan alat-alat kesehatan digital.

Wi-Fi Alliance sebagai lembaga yang mengawasi perkembangan teknologi Wi-Fi mengumumkan HaLow di acara Consumer Electronics Show (CES) Las Vegas, Nevada, Amerika Serikat, Senin (4/1/2016). HaLow adalah standar koneksi terbaru yang hemat energi tapi menawarkan jangkauan dua kali lipat lebih luas dari standar Wi-Fi biasa yang biasanya berkisar 20 meter.

Wi-Fi HaLow yang bernama teknis IEEE 802.11ah ditujukan untuk aneka gawai yang mengakomodasi konsep IoT. Dia adalah alternatif penggunaan teknologi Bluetooth LE berdaya jelajah terbatas --maksimal 10 meter.

Dengan memanfaatkan pita frekuensi 900MHz, HaLow didesain untuk menawarkan penetrasi dinding yang lebih baik. Sebagai perbandingan, teknologi Wi-Fi saat ini memanfaatkan pita frekuensi 2,4GHz dan 5GHz.

Selain kompatibel dengan protokol 2,4GHz dan 5GHz, teknologi ini juga mendukung koneksi berbasis IP ke awan (cloud). Sebagai contoh, seseorang bisa membuat jam tangan pintar lebih mandiri tanpa harus terhubung dengan ponsel.

Namun meski HaLow memiliki kelebihan dalam jangkauan dan hemat energi, teknologi ini belum mampu mengirim data dalam ukuran besar secara cepat. Maklum HaLow didesain untuk pengiriman data ukuran kecil khas IoT secara simultan.

Untuk menggunakan teknologi HaLow dibutuhkan gawai dengan cip generasi terbaru. Sejauh ini belum ada gawai yang mampu menggunakan HaLow. Kesempatan paling dekat adalah 2018.

Saat ini HaLow masih berada pada tahap awal sertifikasi. Dia masih membutuhkan proses panjang seperti tahap pengembangan dan uji coba sebelum diimplementasi secara nyata.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1UseQtq
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat