Ulasan - Layar 4K Sony Xperia Z5 Premium tidak berfungsi maksimal

Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5 Premium

Selesai mengulas Xperia Z5, meja redaksi kami kedatangan saudara tuanya Xperia Z5 Premium. Perbedaan yang paling mencolok antara keduanya adalah ukuran layar, Z5 Premium lebih besar dengan 5,5 inci, dan meskipun desainnya identik namun Z5 Premium menggunakan panel belakang kaca biasa seperti Xperia Z3+ dan seri-seri sebelumnya, tidak menggunakan kaca buram (frosted glass).

Dijual dengan harga di atas Rp10 juta, seberapa menarikkah ponsel dengan layar 4K pertama di dunia ini apabila dibandingkan dengan Xperia Z5? Berikut ulasan kami.

Spesifikasi singkat dari Xperia Z5 Premium:

  • GSM / HSPA / LTE
  • Dual SIM GSM-GSM
  • Layar IPS LCD 5 inci 4k (2160 x 3840 piksel) 806ppi
  • Android 5.1.1 Lollipop (pembaruan 6.0 Marshmallow)
  • Chipset Qualcomm Snapdragon 810 Cortex-A53 empat inti 1,5GHz dan prosesor Cortex-A57 empat inti 2GHz
  • GPU Adreno 430
  • Kamera belakang 23 MP LED flash
  • Kamera depan 5,1 MP
  • Memori Internal 32GB, RAM 3GB
  • Dukungan kartu memori microSD hingga 200GB
  • Daya tahan air dan debu sertifikasi IP68
  • Sensor sidik jari
  • Baterai 3430 mAh

Desain sama hanya lebih besar

Seperti yang sudah kami sebutkan, dari segi desain tidak ada perbedaan dengan Xperia Z5 selain dimensi yang lebih besar (154,4 x 75,8 x 7,8 mm) dan bobot yang lebih berat (180 gr).

Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5 Premium

Karena kembali mengusung panel kaca belakang seperti seri-seri Xperia Z sebelumnya, Z5 Premium terasa licin dan sangat meninggalkan bercak jari ketika digenggam di tangan. Kami dapat katakan pengalaman penggenggaman tidak nyaman. Saat menaruh ponsel ini juga pastikan permukaan tidak licin dan posisinya rata karena sangat mungkin Z5 Premium meluncur secara bebas ke bawah.

Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5 Premium

Sony Indonesia merilis Xperia Z5 Premium dalam tiga warna yakni hitam, emas, dan krom. Pilihan warna terakhir mungkin menjadi warna ciri khas, karena panel kaca belakang memiliki efek cermin yang sangat menarik mata namun juga sangat menarik bercak jari.

Kami menyayangkan mengapa Z5 Premium tidak menggunakan kaca buram sehingga lebih nyaman digenggam seperti Xperia Z5.

Sony Xperia Z5 Premium
Sony Xperia Z5 Premium

Layar 4K yang tidak maksimal

Sony boleh berbangga dengan layar resolusi 4K yang diusung Z5 Premium. Dengan ukuran 5,5 inci, menurut kami, layar ini menampilkan konten dengan sangat baik. Gambar terlihat tajam dan pewarnaan terlihat kontras tanpa terkesan berlebihan, juga tidak kemerahan seperti Z5.

Namun jangan terlena dulu, resolusi 4K yang diusung ini tidak sepenuhnya bekerja dengan semestinya. Selama kami menggunakan ponsel ini, hampir 90% lebih tampilan yang disajikan dalam resolusi Full HD saja (1080x1920 piksel).

Hanya pada aplikasi Album dan Video saja layar 4K ini berfungsi secara maksimal.

Hasil yang kami dapatkan ini sama dengan yang pernah dialami oleh PhoneArena yang melakukan tangkapan layar (screenshot) pada gambar yang ditampilkan gawai tersebut dan hanya menghasilkan file dengan resolusi Full HD.

Menanggapi hasil penelitian PhoneArena itu, Sony menyatakan, "Xperia Z5 Premium memiliki fitur tampilan 4K dengan resolusi 3840 x 2160 piksel berdasarkan SID Standard dan memungkinkan semua video dan gambar dinikmati dalam resolusi 4K. Konten lainnya akan ditampilkan dalam resolusi 1080p atau lebih rendah agar performa dan stamina baterai pada ponsel ini tetap optimal, sehingga pengguna dapat menikmati resolusi 4K ketika dibutuhkan."

Kamera serupa namun lebih baik

Sony menyamakan spesifikasi kamera di keluarga Z5 dengan sensor Exmor RS 1/2,3 inci 23MP (5520 x 4140 piksel) berlensa 6 lapis.

Namun saat kami komparasi dengan hasil foto dari Xperia Z5, hasil Z5 Premium ini terlihat lebih tajam meskipun karakternya sama. Titik fokus hanya perpusat di area tengah tidak sampai pinggir foto, bahkan terlihat adanya sedikit distorsi seperti efek lensa mata ikan. Hal ini dapat terjadi karena ukuran sensor yang besar sehingga cakupan gambar yang lebih luas dibanding kompetitor.

Selain kebolehan menangkap foto dengan kualitas baik, kamera ini juga memiliki sistem fokus otomatis hybrid yang diklaim memiliki kecepatan 0,03 detik. Angka tersebut terwujud jika melakukan pengambilan gambar dalam kondisi cukup cahaya, jika dalam ruangan atau malam hari fokus cepat ini berjalan tidak terlalu cepat sehingga hasilnya buram.

Satu hal yang juga kami rasakan hadir di kamera Z5 dan Z5 Premium adalah hasil foto yang keunguan di kondisi gelap.

Prosesor cepat panas namun juga cepat mendingin

Dengan spesifikasi serupa Z5, Xperia Z5 Premium juga menawarkan performa kencang berkat cip Snapdragon 810 dan kapasitas RAM 3GB. Tetapi prosesor ini merupakan tipe prosesor yang cepat panas sehingga tidak nyaman jika dipegang lama saat melakukan pekerjaan rumit. Untungnya rasa panas ini lebih cepat turun dibanding Xperia Z3+.

Temperatur yang cepat meningkat ini juga sesekali berpengaruh ke performa ponsel secara keseluruhan. Kami sempat merasakan sedikit lag saat mengoperasikan ponsel ketika sedang panas.

Kami merasakan kinerja sensor sidik jari di Xperia Z5 Premium juga lebih baik dibanding dengan Xperia Z5. Sensor ini lebih cepat mendeteksi jari, atau lebih sensitif akan sentuhan.

Berikut Informasi hasil dari tes benchmarknya:

  • Antutu: 76281
  • Geekbench: 1154 (single core), 3817 (multi core)
  • Quadrant: 22296
  • GPU Bench: 18373
  • Basemark OS X: 1605

Baterai

Dengan layar 5,5 inci beresolusi 4k (sesekali) dan spesifikasi ganas, baterai 3.430 mAh terasa standar saja, cukup untuk bertahan sekitar 12 jam dan lebih lama beberapa jam saja dalam penggunaan normal. Sony mengklaim baterai dapat bertahan sekitar dua hari, namun saat kami gunakan sehari-hari kami tidak pernah mencapai angka tersebut.

Untungnya terdapat mode cas cepat yang dapat mengisi baterai hingga 60% dalam waktu 30 menit jika menggunakan alat cas 2 ampere. Dari sisi perangkat lunak, penggunaan mode STAMINA juga cukup membantu memperpanjang daya tahan baterai.

Saat kami menguji baterai dengan aplikasi Geekbench 3, baterai Z5 Premium mendapat skor 3825 poin.

Hasil pengujian benchmark baterai Sony Xperia Z5 Premium
Hasil pengujian benchmark baterai Sony Xperia Z5 Premium

Kesimpulan

Lebih mahal sekitar Rp2 juta dari Z5 biasa, Z5 Premium menawarkan layar lebih besar 0,3 inci dan resolusi 4K. Meskipun memiliki spesifikasi identik, namun di beberapa titik, seperti kualitas layar dan kamera Z5 Premium, menawarkan pengalaman lebih baik.

Meskipun resolusi 4K hanya aktif di dua aplikasi yakni Album dan Video dan mata manusia sulit membedakan kualitas gambar 4K dengan Full HD, namun setidaknya Sony sudah membuat langkah lebih maju dibandingkan kompetitor lain.

Yang cukup membuat kami kecewa adalah material bodi yang kembali ke masa lalu. Z5 Premium tidak menggunakan panel belakang kaca buram sehingga kurang nyaman digenggam dan sidik jari mudah mengotori kovernya.

Kelebihan

  • Layar resolusi 4k berkualitas baik
  • Performa mumpuni
  • Desain menggoda (untuk pilihan warna krom)
  • Daya tahan akan air dan debu

Kekurangan

  • Harga mahal
  • Prosesor yang cepat panas
  • Bodi licin


from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1l4QVEm
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat