Titimangsa reuni Guns N' Roses

Axl Rose (kiri) dan Slash saat tampil di Rock in Rio, Brasil (1991)
Axl Rose (kiri) dan Slash saat tampil di Rock in Rio, Brasil (1991)

Coachella Valley Music and Arts Festival sekali lagi jadi tempat favorit musisi yang sebelumnya tercerai berai untuk berkumpul kembali. Untuk penyelenggaraannya yang akan berlangsung pada 15-17 April dan 22-24 April 2016, dilaporkan New York Times (30/12/2015), telah ada dua band yang memastikan reuni; LCD Soundsystem dan Guns N' Roses (GN'R).

Laiknya menyatukan kepingan puzzle, mengumpulkan kembali personel band yang telah punya karier mapan bukan pekerjaan gampang. Dalam kasus GN'R, tugas tersebut lebih berat lagi. Ada begitu banyak perseteruan yang terjadi, terutama Axl Rose (vokalis) dan Slash (gitaris), selama dua dekade terakhir.

AJ Maddah, promotor di balik Soundwave Festival Australia, kepada Music Feeds (30/8) membayangkan bahwa butuh sekitar 100 pengacara untuk menyatukan kembali para personel lawas band ini. Karena ada begitu banyak hal dan kepentingan bisnis yang harus dicari jalan tengahnya.

Reuni salah satu band rock paling fenomenal dalam sejarah musik ini adalah salah satu yang paling dinantikan. Tanda-tanda rujuk juga satu per satu terbuka dalam beberapa tahun terakhir. Berikut perjalanan waktu menuju reuni pelantun "Sweet Child o'Mine" tersebut:

1993

Konser yang berlangsung di River Plate Stadium, Buenos Aires, Argentina (17/7/1993), adalah panggung terakhir yang menampilkan Axl dan Slash bermain bersama. Konser penutup "Use Your Illusion Tour" itu juga didukung Duff McKagan (bas), Matt Sorum (drum), dan Gilby Clarke (gitar).

Clarke meninggalkan GN'R 1994. Slash menyusul dua tahun kemudian. McKagan dan Sorum berbarengan cabut pada 1997. Keempatnya mengerjakan berbagai proyek pribadi, sementara Axl mengibarkan nama band ini sendirian.

GN'R bersama Axl diperkuat banyak musisi yang keluar masuk formasi, mulai dari gitaris Paul Tobias (1994-2002), Robin Finck (1997-2008), Buckethead (2000-2004), drummer Josh Freese (1997-2000) dan Bryan Mantia (2000-2006), hingga bassis Tommy Stinson (1998 - sekarang).

2002

Reuni mini GN'R terjadi setelah Slash, McKagan, dan Sorum membentuk Velvet Revolver bersama mendiang Scott Weiland (vokal) dan Dave Kushner (gitar).

2009

"Salah satu di antara kami harus ada yang meninggal terlebih dahulu jika ingin melihat formasi album pertama GN'R reuni. Kedengarannya buruk, tapi itulah kenyataannya," ujar Axl kepada Billboard saat mempromosikan album Chinese Democracy. Pernyataan keras vokalis bersuara khas itu menunjukkan betapa panas perseteruannya dengan Slash.

2012

Kelompok asal Los Angeles, AS, yang telah menjual sekitar 100 juta keping album di seluruh dunia ini dilantik masuk dalam Rock and Roll Hall of Fame. Axl dan Izzy urung hadir. Slash, McKagan, Clarke, Adler, dan Sorum tampil membawakan lagu "Mr. Brownstone", "Sweet Child o' Mine", dan "Paradise City" dalam acara tersebut didukung Myles Kennedy sebagai vokalis.

2015

Tampil dalam acara "CBS This Morning" (7/5), Slash yang aslinya bernama Saul Hudson mengungkapkan bahwa hubungannya dengan Axl sudah membaik. "Sudah lama saya dan Axl Rose tidak pernah bertegur sapa. Ketegangan di antara kami sudah hilang. Isu dan kontroversi di antara kami itu hanya bikinan media."

Satu gitaris lainnya, DJ Ashba, juga menyatakan cabut dari band ini (27/7). Dalam surat pengunduran dirinya, Ashba menulis, "Dengan berat hati, namun berbalut rasa kebanggaan, saya umumkan telah memutuskan untuk menutup bab indah dalam hidup saya bersama Guns N' Roses dan akan merangkumnya menjadi kenangan indah."

Menyusul rujuknya dua ikon dalam tubuh band ini, Dish Nation (9/11) mengabarkan bahwa kesepakatan antara Axl dan Slash untuk mengusung kembali panji GN'R telah berlangsung. Berbagai tawaran manggung telah datang dari berbagai negara, mulai dari Swedia, Portugal, hingga Australia.

Laman situs resmi band memajang logo berupa dua pistol yang berhiaskan dua bunga mawar merah (25/12). Itu adalah logo lama band saat era album perdana Appetite for Destruction (1987).

Berbagai suvenir semisal bandana, kaos, syal, selimut, bantal, piyama, dan barang-barang lainnya yang menggunakan logo tersebut juga telah mulai dijual melalui situs GN'R. Hak cipta penggunaan logo tersebut untuk kepentingan komersil dimiliki bersama oleh Axl, Slash, dan Duff Mckagan.

Cuplikan singkat berwarna hitam putih yang memperlihatkan kerumunan penonton konser dengan latar belakang lagu "Welcome to the Jungle" mendadak diputar berbagai bioskop di AS (26/12). Teaser tersebut tayang begitu saja tanpa teks penyerta sehingga publik dibuat semakin penasaran.

Billboard (29/12) membocorkan bahwa reuni GN'R akan terjadi di Coachella 2016. Band ini juga sedang bernegosiasi dengan promotor agar bisa tampil di 25 stadion yang tersebar di seluruh Amerika Serikat sepanjang musim panas (Juni-Agustus). Plus, kemungkinan tampil dalam salah satu pembukaan sebuah arena baru di Las Vegas pada 6 April 2016.

GN'R dikabarkan meminta honor USD3 juta (Rp41,5 miliar) untuk setiap kali tampil. Karena itu harga tiket setiap konser band ini kemungkinan akan berkisar antara USD250 - USD275 (Rp3,4 juta - Rp3,8 juta).

2016

Axl Rose dijadwalkan jadi bintang tamu dalam acara bincang-bincang "Jimmy Kimmel Live" pada 6 Januari. Beberapa sumber menyatakan bahwa kehadiran Axl di acara tersebut untuk menjawab segala spekulasi berkaitan dengan reuni GN'R.

Pasalnya, para penggemar belum mengetahui siapa saja yang akan terlibat. Apakah hanya Axl dan Slash didukung personel GN'R formasi terkini yang terdiri dari Dizzy Reed (keyboard, piano), Tommy Stinson (bas), Chris Pitman (keyboard), Richard Fortus (gitar), dan Frank Ferrer (drum).

Atau yang ikut serta murni adalah formasi klasik yang juga beranggotakan McKagan (bas), Izzy Stardlin (gitar), dan Steven Adler (drum). Nama terakhir ini kurang mendapat respek dari para personel lainnya.

Ketika tampil dalam acara "Eddie Trunk Live" yang disiarkan Xirius FM (28/9), Adler mengatakan bahwa McKagan menganggapnya tidak cukup kompeten sebagai drummer dalam reuni mereka. Sementara Slash masih belum percaya jika Adler telah sembuh dari ketergantungan narkoba dan miras.

Jika Adler benar terpinggirkan, peluang Sorum untuk maju sebagai pengisi sangat terbuka. Kemungkinan untuk menghadirkan formasi dua drummer juga bukan sesuatu yang mustahil. Tapi, sekali lagi semua itu harus menunggu pernyataan resmi dari Axl.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1VvKash
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat