The Edge beri bocoran album terbaru U2

The Edge tampil bersama U2 di Lanxesarena, Cologne, Jerman (17/10/2015)
The Edge tampil bersama U2 di Lanxesarena, Cologne, Jerman (17/10/2015)

Kabar soal album terbaru U2 yang berjudul Songs of Experience diungkapkan gitaris The Edge. Pemilik nama lengkap David Howell Evans (54) itu mengatakan bahwa album ke-14 mereka tersebut telah rampung.

Menurut The Edge, Songs of Experience terdengar mirip dengan album lama mereka, Zooropa (1993). Dalam wawancaranya yang termuat dalam Q Magazine yang akan terbit 25 Februari 2016 (h/t DIY), The Edge mengatakan bahwa meski memiliki kesamaan dari segi sound, bukan berarti mereka mengulang apa yang sebelumnya telah dilakukan. Setiap proses pembuatan album menurutnya selalu memberikan pengalaman dan hasil yang berbeda.

Faktor duduknya Brian Eno sebagai produser juga yang membuat terjadinya kemiripan dari album berjarak 23 tahun tersebut. Eno (67) yang kerap dianggap sebagai "bapaknya" ambient music adalah salah satu produser Zooropa, selain Flood dan The Edge.

Album tersebut dianggap sebagai salah satu pencapaian musikal U2. Mereka bereksperimen mencampurkan ramuan alternatif rock, electronic dance, dan berbagai bebunyian efek suara aneh dalam satu album. Jauh lebih ekstrem dibanding yang sebelumnya mereka lakukan pada album Achtung Baby (1991).

Sejak merilis album Songs of Innocence (9 September 2014) secara gratis melalui iTunes, Bono (vokalis) telah menjanjikan bahwa album Songs of Experience akan menyusul dalam waktu dekat. "Kami akan merilis album itu tahun depan," ungkapnya dilansir Irish Times (18/9/2015).

Ada satu momen yang membuat Bono bisa lebih berkonsentrasi dalam menyelesaikan pembuatan album tersebut, yaitu saat dirinya mengalami kecelakaan sepeda di Central Park, New York, AS (November 2014).

Kecelakaan tersebut menyebabkan Bono mengalami luka serius, mulai dari dislokasi di bagian lengan, patah tulang belikat dan humerus bagian kiri, hingga kulit robek. "Hikmah dari kejadian itu adalah saya punya lebih banyak waktu untuk menulis materi lagu-lagu baru."

Belum diketahui kapan persisnya Songs of Experience dilepas ke pasaran. Pun apakah masih akan tersedia gratis di iTunes atau tidak. Pasalnya, banyak yang geram dengan sistem tersebut karena yang tidak suka dengan U2 seperti dipaksa untuk memilikinya.

Menanggapi hal tersebut, Guy Oseary (manajer U2) membalas dengan berkomentar, "Ini hadiah dari Apple. Jika tak suka hadiah, silakan dihapus. Ada orang yang senang mendapat hadiah, tapi ada pula yang tidak peduli. Kami tidak terkejut bila ada yang seperti itu."



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1UuRenV
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat