Sudah mengonsumsi makanan sehat, mengapa tetap gemuk?

Sebagian besar peserta penelitian mengkonsumsi makanan yang telah diberi label sehat secara berlebihan.
Sebagian besar peserta penelitian mengkonsumsi makanan yang telah diberi label sehat secara berlebihan.

Seiring meningkatnya jumlah orang yang memilih gaya hidup sehat, banyak orang lebih memilih makan salad daripada keripik kentang. Ada pula yang lebih memilih menyingkirkan kue dan memilih buah-buahan sebagai penggantinya.

Namun mengapa berat badan mereka itu tidak turun juga? Pertanyaan seperti ini membuat frustrasi mereka yang sudah berusaha untuk melakukan diet sehat.

Raj Raghunathan dari University of Texas di Austin sudah mendapatkan jawabannya setelah melakukan tiga kali penelitian. Ternyata jika orang mengonsumsi makanan diberi label "makanan sehat" mereka cenderung untuk makan lebih banyak daripada porsi yang direkomendasikan.

Sebagai akibatnya, orang yang sudah berusaha untuk makan "makanan sehat" tetap mengonsumsi banyak kalori dan akhirnya berat badan tak kunjung turun.

Penelitian yang diterbitkan dalam Journal of the Association for Consumer Research menyebutkan orang cenderung makan berlebihan ketika mereka melihat label sehat karena mereka pikir telah memilih makanan yang tepat.

Studi pertama seperti dilansir UpVoted melibatkan 50 orang mahasiswa di sebuah universitas besar. Para peserta penelitian diminta untuk memasangkan gambar makanan dengan kata-kata untuk mengevaluasi keyakinan mereka bahwa makanan sehat itu kurang mengenyangkan.

Studi kedua melibatkan 40 mahasiswa pascasarjana yang diukur tingkat kelaparannya setelah mengkonsumsi kue sambil dijejali informasi tentang sehat dan tidak kue yang mereka makan.

Studi ketiga meneliti pemahaman peserta atas keyakinan bahwa makanan sehat adalah kurang mengenyangkan.

Lewat penelitian ini, seperti diwartakan HealthNewsLine, para ilmuwan menyimpulkan bahwa sebagian besar peserta penelitian mengkonsumsi makanan yang telah diberi label sehat secara berlebihan.

Menariknya, bahkan partisipan yang kurang setuju dengan pendapat bahwa makanan sehat kurang mengenyangkan tetap saja mengkonsumsi makanan sehat tersebut secara berlebihan. Kondisi seperti ini tentu saja berdampak pada berat badan mereka.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1JvARan
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat