Sebaiknya kerja dimulai pukul 10 pagi

Solusi dari kurang tidur adalah bangun lebih siang.
Solusi dari kurang tidur adalah bangun lebih siang.

Perasaan ini mungkin melanda setiap pagi. Mata sudah terbuka, namun sebenarnya jam tidur kita belum cukup. Apa daya harus bangun, bersiap pergi ke kantor. Karena kerja biasanya dimulai sebelum pukul 9 pagi.

Ilmuwan dan pakar tidur dari Inggris telah mengkonfirmasi betapa hal ini menyiksa. Solusinya adalah mulai kerja pukul 10 pagi.

The Guardian mewartakan, Paul Kelley, periset dari Oxford University mengungkap hal ini di British Science Festival beberapa waktu lalu.

Manusia tergantung usia punya jam biologis berbeda. Anak 10 tahun, jam biologisnya membuat mereka terbangun pukul 6.30 pagi. Di usia 16 tahun, mundur jadi pukul 8 pagi. Sementara remaja 18 tahun jam bangun tidur alami adalah pukul 9 pagi.

"Kurang tidur menimbulkan kerusakan sistem tubuh yang begitu besar. Karena hal ini berefek pada sistem emosional dan kinerja fisik dalam tubuh," jelas Kelley dilansir Huffington Post.

Ritme alami tubuh diatur oleh semacam cahaya. Di dalam mata kita terdapat sel-sel yang memberi sinyal pada bagian otak yang mengontrol jam biologis.

Jadi bukan kita yang mengontrol, melainkan tubuh kita. "Mencoba mengaturnya sama dengan mempertanyakan mengapa kita tak bisa mengendalikan detak jantung," Kelley menambahkan.

Idealnya, perusahaan punya peraturan yang lebih fleksibel mengenai jam kerja sesuai usia. Misal, usia 50-an datang pukul 8 pagi, usia 30-an datang pukul 10 pagi, dan pegawai magang yang masih 20-an bisa mulai kerja pukul 11.

Kelley menjelaskan ada banyak keuntungaan saat aktivitas mengikuti ritme biologis alami tubuh. "Kinerja, suasana hati dan kesehatan bisa jadi lebih baik," ujarnya.

Tidur tidak hanya krusial bagi memori. Tak cukup tidur dapat memicu serangkaian masalah kesehatan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1Ze8yEu
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat