Rentak Harmoni, drama musikal dengan semangat memajukan pendidikan

Tim Rentak Harmoni dalam konferensi pers di gedung Kemdikbud, Jakarta (7/1/2016).
Tim Rentak Harmoni dalam konferensi pers di gedung Kemdikbud, Jakarta (7/1/2016).

Beberapa alumni Pengajar Muda dan relawan Gerakan Indonesia Mengajar (GIM) akan menampilkan sebuah drama musikal dengan tajuk Rentak Harmoni yang diadakan di Taman Ismail Marzuki, pada hari Sabtu, 30 Januari 2016.

Rentak Harmoni bukanlah drama biasa untuk kepentingan komersial, melainkan sebuah wadah bagi anak-anak muda yang peduli pendidikan melalui kesenian dan kebudayaan. Seluruh hasil keuntungannya akan didonasikan kepada Iuran Publik GIM untuk pendanaan organisasi yang membantu mengatasi masalah pendidikan di Indonesia ini.

Adapun pendukung acara adalah relawan, bukan aktor ataupun aktris bayaran. "Seluruh pendukung adalah relawan yang telah diseleksi sebelumnya. Ada wirausahawan, pengacara, PNS, auditor bahkan mahasiswa yang berproses bersama kami selama kurang lebih delapan bulan belakangan ini," ujar Anneke Puspa Calliandra, pimpinan produksi Rentak Harmoni, dalam konferensi pers di Jakarta, Kamis (7/1/2016).

Meski tidak memakai aktor profesional, tim Rentak Harmoni menjamin akan menghadirkan yang terbaik. "Kami bersama-sama belajar dan berusaha mempersembahkan yang terbaik karena kami ingin menggugah rekan-rekan yang terlibat dan hadir dalam drama musikal ini untuk memikirkan apa yang bisa mereka lakukan untuk pendidikan walaupun sederhana," ujar Astuti Kusumaningrum, sutradara Rentak Harmoni.

Menteri Pendidikan Dasar, Menengah, dan Kebudayaan Republik Indonesia, Anies Baswedan, disebut oleh Anneke sangat mendukung drama musikal ini. Salah satu dukungan Kementerian, lanjut Anneke, adalah mengizinkan mereka untuk berlatih di gedung Kementerian.

Rentak Harmoni mengisahkan tentang Warita Dikara, sebuah desa yang dibangun melalui kekayaan mimpi dan pemikiran warganya. Lewat dongeng rakyat, kearifan tersebut diturunkan dari satu generasi ke penerusnya, mendidik mereka untuk hidup dalam ketenteraman.

Rentak Harmoni memiliki durasi selama 2,5 jam, termasuk intermission di tengah-tengah. Drama musikal ini akan berlangsung di Graha Bhakti Budaya, Taman Ismail Marzuki, Jakarta pada Sabtu, 30 Januari 2016, pukul 19.00 WIB. Tiket dapat diperoleh di tautan ini dan Anda juga bisa melakukan donasi melalui tautan ini. Harga tiket berkisar antara Rp75 ribu hingga Rp350 ribu.

Adapun Gerakan Indonesia Mengajar adalah gerakan untuk mengajak semua pihak ambil bagian dalam menyelesaikan masalah pendidikan di Indonesia. Salah satu kegiatannya adalah menyeleksi, melatih dan mengirimkan sarjana-sarjana terbaik dari berbagai universitas untuk menjadi jendela kemajuan di daerah dengan menjadi guru selama satu tahun, yang disebut Pengajar Muda.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1kQwNWj
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat