Phase One rilis kamera medium format 100MP

Kamera Phase One XF 100MP
Kamera Phase One XF 100MP

Sudah diketahui bahwa besaran megapiksel sebuah kamera tidak menjadi jaminan hasil foto akan mutlak bagus. Phase One sebagai salah satu perusahaan Denmark yang memproduksi gawai kamera baru saja merilis sebuah kamera medium format baru yang mampu menghasilkan foto resolusi 100MP (11.608 x 8.708 piksel) seperti yang diberitakan oleh Engadget (4/1/2015).

Kamera medium format memang bukan kamera yang umum dijumpai dan digunakan, karena kamera ini memiliki harga jual yang tinggi juga keterbatasan dalam depth of field (DOF) pada lensa dengan sudut gambar yang sama. Misal jika dengan kamera SLR biasa membutuhkan lensa 35mm untuk menangkap sudut pemotretan 80 derajat, dengan kamera medium format membutuhkan lensa 65mm.

Meskipun begitu kamera ini juga dikenal dengan kualitas hasil foto yang dapat dicetak dengan ukuran besar hingga seukuran baliho yang sering kita jumpai di pinggir jalan.

XF 100MP menggunakan sensor kamera full-frame CMOS milik Sony berukuran 53,7mm x 40,4 mm yang mampu menghasilkan foto dengan spektrum warna 16 bit, dimana umumnya kamera lain sekelasnya hanya menghasilkan spektrum warna 14 bit.

Biasanya mengambil foto medium format dengan besaran resolusi diatas 60MP merupakan tugas yang memerlukan sedikit trik, seperti mengambil beberapa foto sekaligus. Namun dengan menggunakan XF 100MP hanya perlu sekali pengambilan saja.

Selain dari urusan besaran resolusi, sensor yang digunakan Phase One XF 100MP juga mampu menghasilkan foto yang jernih dari tingkatan ISO 50 hingga ISO 12.800.

Kamera yang pertama kali diumumkan pada bulan Juni tahun lalu ini cocok digunakan oleh para profesional yang menginginkan hasil super tajam dengan tingkat detail tinggi dan menginginkan untuk dicetak dalam ukuran besar. Karena teorinya jika dicetak hingga ukuran 2 meterpun hasil akan tetap terlihat sangat tajam.

Pihak Phase One juga berani menjamin hasil yang diberikan akan sebanding dengan hasil foto menggunakan film, atau seperti foto yang diambil dengan kamera analog dengan karakter warna yang natural.

Seperti yang kami sebutkan diatas, rata-rata kamera medium format tidak dijual dengan harga murah. Begitupun kamera Phase One XF 100MP yang dijual di harga USD48.990 atau sekitar RP680 jutaan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1O7zGdL
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat