Pesan Habibie agar Golkar tak bubar

Simpatisan Partai Golkar kubu Agung Laksono melakukan aksi teatrikal di depan Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Golkar Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (6/1).
Simpatisan Partai Golkar kubu Agung Laksono melakukan aksi teatrikal di depan Kantor Dewan Pengurus Daerah (DPD) Golkar Kabupaten Blitar, Jawa Timur, Rabu (6/1).

Sejumlah tokoh muda Partai Golkar menemui Presiden Indonesia ke-3 yang juga bekas Ketua Dewan Pertimbangan Partai Golkar, BJ Habibie. Didampingi dua senior Partai Golkar, Muladi dan Akbar Tandjung, mereka bertemu di kediaman Habibie di Patra Kuningan XIII Blok L XV Kav 5, Kuningan, Jakarta Selatan, Kamis (7/1/2016).

Dalam pertemuan tertutup itu, mereka meminta solusi atas konflik berkepanjangan yang melanda partai berlambang pohon beringin itu.

Pertemuan yang berlangsung satu jam itu, Habibie menyarankan agar Partai Golkar segera melaksanakan musyawarah nasional (Munas). Dalam Munas itu Habibie berharap kader-kader muda juga dilibatkan.

"Beliau banyak kasih semangat dan mengatakan bahwa masa depan Golkar ada di tangan para generasi muda seperti kami," kata juru bicara Poros Muda Partai Golkar Andi Sinulingga, Kamis (7/1/2016) malam seperti ditulis Liputan6.

Habibie, kata Andi, juga berpesan agar Golkar tak lagi menggantungkan kepentingan partai kepada pemimpin yang mengutamakan kepentingannya sendiri. "Jangan mengabaikan masa depan. Golkar harus mulai berpikir gagasan yang produktif," ujarnya.

Golkar baru nanti, kata Andi menirukan Habibie harus berciri 3M. "Milenium, maju, dan mandiri," Andi seperti ditulis Kompas.

"Milenium" berarti Golkar mengikuti perkembangan zaman yang ada. "Maju", berarti tidak lagi terjebak dengan konflik dan masalah-masalah di masa lalu. Dan "mandiri" berarti Golkar tidak boleh lagi tergantung dengan segelintir elit yang memimpin Golkar dengan mengandalkan uang.

Ketua DPP Golkar hasil Munas Bali Ahmad Dolly Kurnia, seperti dikutip CNN Indonesia, menambahkan dalam pertemuan itu Habibie juga minta agar Mahkamah Partai segera bersidang untuk mengagendakan Munas. Munas paling lambat dilaksanakan satu bulan. Rencananya, Mahkamah Partai akan bersidang pada Selasa pekan depan.

Habibie juga berpesan agar pengurus Golkar provinsi dan kabupaten/kota direkatkan kembali untuk mengembalikan kejayaan Golkar. "Habibie, Muladi, Akbar terus mengawal proses ini. Inilah kesempatan kita sejarah kita utk mengembalikan Partai Golkar," kata Dolly.

Menurut Ketua DPP Partai Golkar hasil Munas Bali, Indra Bambang Utoyo, untuk menyelamatkan Golkar saat ini yang tercabik-cabik tak ada jalan lain selain menggelar Munas sebagai mekanisme tertinggi yang ada dalam aturan AD/ART. Namun, dia mengusulkan agar semua pihak termasuk senior untuk turun tangan menggelar musyawarah.

"Kami usul, Bang Akbar dan senior di Dewan Pertimbangan untuk kumpul, kita musyawarahkan supaya bisa menyelamatkan Golkar," kata Indra.

Sejauh ini, kubu Agung menerima langkah islah melalui mekanisme Mahkamah Partai yang berujung penyelenggaraan Munas. Namun kubu Aburizal menolak karena menganggap pelaksanaan Munas ilegal.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1IU1PIA
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat