Perkakas yang harus ada di bagasi kendaraan

Ilustrasi menangani kendaraan mogok di jalan
Ilustrasi menangani kendaraan mogok di jalan

Tentu saja tak ada orang yang menginginkan kendaraannya mogok ketika sedang digunakan. Akan tetapi kadang musibah menimpa sehingga para pengendara mesti bersiap menghadapi kemungkinan terjadinya musibah tersebut.

Akan lebih baik jika pengendara juga memiliki pengetahuan dasar mengenai kendaraan yang digunakannya, misalnya cara mengganti bannya saat bocor, sehingga bisa melakukan pertolongan pertama ketika kemalangan menimpa atau saat musibah terjadi jauh dari bengkel kendaraan.

Selain pengetahuan, tentunya juga dibutuhkan perkakas yang bisa membantu pengendara untuk memperbaiki kendaraannya yang mengalami kerusakan di tengah jalan.

MSN Auto (h/t Kompas.com) menyatakan ada 12 perkakas yang kerap dibutuhkan pengendara saat mengalami situasi darurat sehingga perkakas ini sebaiknya selalu tersedia dalam bagasi kendaraan Anda. Inilah mereka:

1. Buku manual

Banyak yang menganggap sepele buku manual kendaraan. Namun ketika anda membutuhkan informasi tentang gejala tak lazim pada kendaraan, justru buku inilah yang harusnya menjadi panduan Anda pertama kali sebelum membongkar kendaraan sendiri atau membawanya ke bengkel.

2. Senter

Tak usah membayangkan senter besar, cukup membawa senter kecil dengan lampu LED. Sangat praktis dan tahan lama. Senter sangat dibutuhkan ketika masalah pada kendaraan Anda terjadi di malam hari, untuk melihat sela-sela mesin, atau hanya sekedar mengecek busi pada motor.

3. Pengukur tekanan ban

Ini merupakan salah satu perangkat yang tak kalah penting. Karena mengecek tekanan ban merupakan salah satu syarat berkendara aman, dan nyaman. Terlebih untuk perjalanan jarak jauh.

4. Pisau lipat serbaguna

Tak cuma pisau, ada obeng kecil, pencongkel dan lainnya. Sangat berguna untuk membetulkan baut kecil yang kendor atau untuk memotong kabel yang bermasalah.

5. Sekring

Komponen ini dibutuhkan ketika terjadi korsleting pada sistem kelistrikan kendaraan. Anda tak perlu telpon bengkel, tinggal mengganti sendiri. Namun harus dites dulu, dan lihat jenis sekring yang cocok dengan sistem kelistrikan kendaraan pada buku manual kendaraan.

6. Selotip

Pilih yang tahan panas dan tebal. Selotip sangat berguna untuk apa saja, misalnya menambal kaca yang pecah sementara, menyelubungi kabel agar tak terjadi korsleting.

7. Lap serbaguna dan sarung tangan

Lap dan sarung tangan sangat berguna melindungi telapak tangan ketika mengganti ban atau memeriksa sesuatu.

Dan bagi Anda khusus pemilik mobil, ada baiknya Anda juga menyiapkan ini:

8. Kotak P3K

Sangat berguna untuk pertolongan pertama. Perlengkapan ini juga sangat penting, terutama bagi Anda yang sering berpergian membawa keluarga dan anak-anak.

9. Peralatan ganti ban

Peralatan seperti dongkrak, kunci pas, dan, tentu saja, ban cadangan menjadi salah satu perkakas wajib yang harus ada di bagasi mobil Anda. Pastikan semua barang ini ada, bahkan ketika Anda membeli mobil bekas sekalipun.

10. Segitiga peringatan

Sewaktu-waktu mobil mogok di tengah jalan, atau harus memperbaiki sesuatu di pinggir jalan, tanda segitiga yang bisa memantulkan cahaya mengurangi risiko kendaraan Anda ditabrak pengendara lain.

11. Kabel jumper

Mobil mendadak mati karena daya aki tekor, solusinya pakai kabel jumper untuk "meminjam" listrik dari mobil lain. Walaupun terlihat mudah, namun cara ini juga sedikit mengandung bahaya bagi Anda yang tak paham.

12. Kantung sampah besar

Bukan untuk menyimpan sampah, tetapi dimanfaatkan saat Anda harus masuk ke kolong mobil, seperti saat mengganti ban, di tengah hujan. Anda juga bisa membeli jas hujan model ponco sebagai gantinya.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1UKfz9m
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat