Pentingnya jadi diri sendiri

Pentingnya jadi diri sendiri
Pentingnya jadi diri sendiri

Menjadi diri sendiri membuat kita menjadi orang yang lebih baik. Ini bisa memberikan efek yang baik pula. Menerima diri sendiri apa adanya akan membuat kita ingin selalu memberikan yang terbaik dalam segala hal. Namun, apakah semua orang mau menjadi dirinya sendiri?

Deborah Khoshaba, Psy.D, dalam Psychology Today, mengatakan bahwa mencintai diri sendiri adalah penghargaan terbesar yang dapat mendorong untuk jadi lebih baik. Menjadi diri sendiri membuat kita dapat menerima kelebihan dan kekurangan yang dimiliki.

Cara terbaik untuk menjadi diri sendiri bisa dimulai dengan hal-hal sederhana, seperti merawat diri sebaik mungkin, memiliki batasan agar sesuatunya tak berlebihan, melindungi dan memaafkan kesalahan.

Sementara itu, Lifehack menulis lima puluh cara sederhana agar kita senantiasa mencintai diri sendiri dan menjadi apa adanya. Cara-cara tersebut dibagi dalam beberapa sisi seperti sosial, emosional, intelektual, spiritual, pekerjaan, lingkungan, dan fisik.

Di sisi sosial, yang bisa kita lakukan adalah mengunjungi tetangga, bertukar kabar dengan orang-orang terdekat, atau bersenang-senang dengan teman-teman. Dalam sisi emosional, kita bisa memotivasi diri agar lebih optimistis, menjauh dari orang-orang atau hal-hal yang memberikan efek buruk, dan mencoba bertualang.

Untuk menerima diri sendiri, jangan lupa untuk banyak berdoa agar sisi spiritual terpenuhi. Selain itu, berbuat baik dan berbagilah dengan yang ada di lingkungan kita. Dari segi intelektual dan pekerjaan, kita bisa mulai lebih banyak belajar, membaca buku yang menyenangkan, dan bersemangat dalam berkarier.

Kesehatan fisik rupanya dapat memengaruhi diri kita secara keseluruhan. Bekali diri kita dengan olahraga yang cukup dan makan makanan sehat.

Bila berhasil menjadi diri sendiri, ada hal-hal positif yang bisa dirasakan :

  • Dapat menerima sifat diri sendiri.
  • Tidak akan kehilangan segala impian.
  • Merasakan suka cita dan kedamaian dalam diri.
  • Tak akan merasa palsu dan penuh pura-pura.
  • Merasa nyaman dengan diri sendiri.
  • Bisa mengeluarkan sisi terbaik dari dalam diri sendiri.
  • Belajar menghabiskan waktu dengan diri sendiri.
  • Lebih realistis.


from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1S6ZNHR
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat