Moge-moge Yamaha yang diramalkan segera hadir di Indonesia

Baru saja mengawali tahun 2016 dengan meluncurkan skuter matik (skutik) Fino 125 Blue Core, sudah beredar rumor di kalangan narablog otomotif lokal bahwa Yamaha juga bakal segera merilis beberapa varian motor gede (moge) mereka di Tanah Air.

Adalah narablog otomotif ternama Abdul Satar dari Indobikermags yang menghembuskan gosip itu di awal tahun dengan menuliskan bahwa ada tiga moge buatan Yamaha yang segera masuk Indonesia, yaitu MT-10, XSR900, dan XSR700.

Ramalan blogger yang dekat dengan dunia moge dan tenar dengan panggilan "Mbah Dukun" itu biasanya tidak jauh dari kenyataan.

Lagipula gosip ini bukan tanpa dasar. Pada November tahun lalu, Mohammad Masykur, Asisten GM Pemasaran PT Yamaha Indonesia Motor Manufacturing (YIMM), pernah menyatakan bahwa mereka memang akan menjual moge MT-10 di Indonesia.

"Paling cepat awal semester ke-2 tahun depan (2016, red.), bahkan sampai akhir tahun. Di EICMA kan masih dipamerkan, penjualannya baru tahun depan," ujar Masykur di sela penyelenggaraan Indonesia Road Racing Championship (IRRC) di Sirkuit Balipat, Binuang, Kalimantan Selatan, Minggu (22/11/2015), seperti dikutip laman Kompas.com.

Yamaha MT-10, motor versi telanjang dari YZF-R1, memang baru diperkenalkan pada pameran otomotif EICMA 2015 di Milan, Italia, 19 November 2015. Pabrik berlogo garpu tala itu, dalam rilis persnya, menyatakan baru akan menjual flagship dari seri MT tersebut di Eropa pada Mei 2016.

Harga MT-10 belum dirilis oleh Yamaha, tetapi situs MCN memperkirakan harga jualnya di Inggris berkisar GBP9.999 (Rp201,5 juta).

Yamaha MT-10 dibekali mesin 998cc CP4 crossplane engine yang mampu menyemburkan tenaga sekitar 165-170hp, lengkap dengan fitur slipper clutch serta cruise control. Ada pula fitur canggih traction control system yang menawarkan tiga jenis pengaturan traksi.

Selain itu, terdapat Yamaha D-MODE yang menawarkan tiga cara berkendara. Mode 'Standard' memberi karakter mesin yang mulus dalam setiap putaran mesin. Mode 'A' membuat mesin lebih garang dan bertenaga pada putaran rendah hingga menengah, sementara mode 'B' melembutkan respon mesin agar cocok digunakan saat hujan atau ketika melewati jalanan yang licin. Seperti dijelaskan RoadRacingWorld.

Kelahiran Yamaha MT-10 akhirnya menambah jajaran keluarga MT series yang sebelumnya telah dipasarkan oleh Yamaha seperti MT-125, MT-03, MT-07, dan MT-09.

Jika melihat cukup larisnya YZF-R1, yang dibanderol Rp649 juta di Indonesia, memang cukup besar kemungkinan Yamaha akan merilis MT-10 di Nusantara.

Abdul Satar bahkan berani memprediksikan harga jual MT-10 di Indonesia berkisar antara Rp375 juta hingga Rp425 juta off the road.

Yamaha MT-10
Yamaha MT-10
Moge Yamaha XSR 700 diprediksi bakal laris manis
Moge Yamaha XSR 700 diprediksi bakal laris manis

Mengenai dua model lainnya, XSR900 dan XSR700, sang blogger melihat potensi pemasarannya di Tanah Air bakal lebih cerah, terutama XSR700.

"Mesin 700cc dua silinder ongkos produksinya murah dan motor ini mestinya bisa menjadi cash cow Yamaha. Soalnya motor naked konvensional bakal lebih mudah diterima dari desain MT-07 yang batal diboyong YIMM," tulisnya.

Sepakat dengan Satar, Vandra Rizky dari Monkey Motoblog juga meyakini apabila motor-motor ini hadir bakal disambut gembira oleh para pecinta moge di Indonesia.

"Mungkin, para pengguna Yamaha XS di masa lalu akan berupaya untuk memiliki motor ini. Versi tua mungkin lebih punya daya magis, tapi versi moderen lebih realistis dan reliable untuk ditunggangi," tulis Vandra.

Kita nantikan apakah Yamaha benar-benar bakal menghadirkan kedua moge tersebut di Indonesia.

New MT-10: Ray of Darkness

Yamaha XSR 700 Test Moto.it

New Yamaha XSR900 – Born to rule



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1KaEVI0
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat