Mengenal kopi Vietnam

Kopi Vietnam.
Kopi Vietnam.

Wayan Mirna Salimin alias Mirna (27) meninggal usai minum kopi. Seperti diwartakan Kompas, kala itu Mirna menyesap segelas kopi Vietnam di sebuah kafe di Grand Indonesia, Kopi Vietnam pun jadi topik perbincangan.

Minuman yang populer dinikmati dalam keadaan dingin ini berasal dari Vietnam, dikenal dengan nama Ca phe sua da. Minuman kopi dingin ini dibuat dengan cara menyeduh kopi lalu dicampur dengan es batu dan susu kental manis. Anda juga bisa menikmati kopi Vietnam dengan panas. Tanpa es batu, disebut Ca phe sua nong.

Dalam proses pembuatannya, kopi Vietnam menggunakan lebih banyak biji kopi yang digiling. Jadi memerlukan waktu lebih lama dibandingkan dengan proses penyeduhan kopi pada umumnya.

Untuk membuat secangkir kopi Vietnam, Anda membutuhkan alat penyeduh kopi yang terbuat dari baja tahan karat. Alat ini bernama Phin. Bentuknya seperti topi pesulap.

Dilansir Ineedcoffee, untuk membuat es kopi Vietnam Anda memerlukan perlengkapan berikut :

  1. Penyeduh kopi (phin)
  2. Kopi Giling
  3. Susu kental manis
  4. Sendok
  5. Gelas kaca atau cangkir
  6. Es batu

Begini cara membuatnya:

1. Masukkan sekitar 2 sendok makan susu kental manis atau sesuai selera Anda ke dalam gelas. Umumnya, seperempat atau setengah tinggi gelas.

2. Masukkan 2 sendok teh kopi ke dalam saringan, lalu aduk sebentar. Tambahkan sedikit saja air panas. Hanya untuk membasahi kopi. Taruh saringan di atas gelas kaca atau cangkir.

3. Tuangkan air panas sedikit demi sedikit secara perlahan. Tuangkan dulu setengah wadah. Biarkan bubuk kopi dan air terserap ke dalamnya. Lalu tutup wadah.

4. Tunggu selama 3-5 menit, sampai tetesan kopi tertuang ke dalam gelas. Untuk menimbulkan aroma kopi yang kuat, sebaiknya Anda menunggu lebih lama lagi. Jika tidak ada lagi tetesan kopi, singkirkan penyaring. Aduk rata. Anda bisa menambahkan es batu atau langsung menyeduh kopi Vietnam buatan sendiri.

Pakar kopi Adi W Taroepratjeka menjelaskan kepada Antara, kopi Vietnam yang pada dasarnya berjenis Robusta memiliki kadar kafein lebih tinggi dibandingkan Arabika.

Seperti ditulis dari laman Theroasterspack, biji kopi Robusta memiliki kandungan kafein 2,7% Hampir dua kali lipat dari biji kopi Arabika yang mengandung 1,5% kafein.

Kafein dalam kopi Robusta menimbulkan rasa getir yang membuatnya kurang sedap. Berbeda dengan kopi Arabika yang rasanya lebih manis, mirip cokelat.

Selain soal rasa, menyesap terlalu banyak kopi berkafein juga punya efek samping. Dilansir Inc, sulit tidur, mudah berhalusinasi, perubahan tekanan darah dan detak jatung dan gangguan penyerapan mineral dan nutrisi yang dibutuhkan tubuh adalah beberapa di antaranya.

Karena itu Anda sebaiknya mengetahui berapa banyak kopi yang bisa Anda konsumsi dalam satu hari. CNN Indonesia menulis, batas maksimal konsumsi kopi adalah empat gelas dalam satu hari.

Vietnamese Coffee.flv



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1ZXsyZ5
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat