Maudy Ayunda merasa sepi dalam keramaian

Maudy Ayunda menulis Jakarta Ramai bukan sebagai bentuk protes.
Maudy Ayunda menulis Jakarta Ramai bukan sebagai bentuk protes.

Hidup di Jakarta yang hiruk pikuk dengan kesibukan para warganya mendatangkan inspirasi tersendiri bagi Maudy Ayunda (21). Lewat lagu tunggal terbarunya, "Jakarta Ramai", Momod -sapaan akrab Maudy- mengaku bahwa liriknya terinspirasi dari pengalaman dia yang sering melamun karena merasa kesepian di tengah keramaian.

Itu dirasakannya saat magang di sebuah kantor konsultan asing yang ada di Jakarta pada 2015. Selama dua bulan magang, bintang dalam film Perahu Kertas itu sering terjebak dalam kemacetan di jalan raya. Maudy juga mengaku sebagai sosok yang introver. Dirinya tidak sungkan menghabiskan waktu seorang diri di sebuah kafe sambil minum kopi dan membaca buku.

"Selama melamun kadang muncul banyak pertanyaan-pertanyaan dalam benak. Ketika saya perhatikan, ternyata banyak juga melakukan hal serupa. Duduk melamun di tengah orang lalu-lalang," katanya saat diwawancarai RRI Pro 2 FM Jakarta, Selasa (12/1/2016).

"Lirik Jakarta Ramai bisa dibilang hasil interpretasi saya terhadap aneka pertanyaan yang muncul di benak orang-orang saat sedang melamun dalam keramaian itu," sambung solis yang pernah diganjar plakat multi platinum karena penjualan album Moments (2015) mencapai 200 ribu salinan.

Dalam siaran persnya, Maudy menjelaskan bahwa pesan yang ingin disampaikan lewat lagu ini adalah agar kita tidak diam saja menjalani keseharian tanpa melakukan evaluasi setelah melaluinya. "Apakah hidup yang kita jalani sekarang sudah selaras dengan impian atau justru semakin jauh dari jalur yang kita inginkan," tambah Maudy.

Saat melakukan jumpa pers di Blue Jasmine Restaurant, Kebayoran Baru, Jakarta Selatan, Jumat (8/1), Maudy menegaskan bahwa meski cukup terganggu jika terjebak macet di jalan, "Jakarta Ramai" bukan lagu protes terhadap kemacetan Jakarta.

"Lagu ini sebenarnya tentang keresahan seseorang yang menjalani kesehariannya di kota besar. Bahwa tidak semua orang tahu apa yang dia mau bisa menjalani hidup seperti yang diinginkannya," ungkapnya dilansir Kapanlagi.

Agar maksud dari lagunya tersampaikan, konsep videoklipnya akan berkisah tentang seorang perempuan (diperankan Maudy) yang disorot kamera seharian penuh ketika menjalani kesibukannya kuliah dan kerja. "Dalam kesibukannya kuliah sambil bekerja selama seharian, ada perasaan resah di dalam hati si perempuan ini," terang Maudy.

Pengerjaan lirik lagu "Jakarta Ramai" diselesaikannya sekitar sebulan. Sementara Tohpati bertanggung jawab mengerjakan aransemen musiknya. Masing-masing bagian lirik dikerjakan terpisah oleh Maudy.

"Saya lebih suka menciptakan lagu tidak diburu waktu. Jadi, biasanya saya tulis bagian verse satu dahulu, habis itu verse dua, bridge, dan chorus-nya," ungkap mahasiswi Oxford University, Inggris, mengenai metodenya menulis lagu kepada Hard Rock FM Jakarta (8/1).



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1l5fpgA
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat