Kiat menjaga kehamilan trimester pertama

Usia kehamilan pada trimester pertama berisiko.
Usia kehamilan pada trimester pertama berisiko.

Kehamilan pada minggu-minggu awal perlu dijaga ekstra hati-hati. Sebab, umumnya usia kehamilan pada trimester pertama terjadi beberapa perubahan fisik dan psikologis yang dipengaruhi hormon.

Untuk menjaga dan merawat kehamilan pada usia 12 minggu pertama, berikut tip agar terhindar dari perubahan abnormal yang mengancam janin.

Hindari aktivitas berat

Pada awal kehamilan, umumnya perempuan akan sangat mudah lelah karena tekanan darah yang rendah. Sebaiknya jangan paksakan diri untuk melakukan aktivitas berat. Hindari berdiri terlalu lama atau duduk lama. Istirahat yang cukup.

Perhatikan asupan nutrisi

Saat hamil muda biasanya Anda akan mengalami mual (morning sickness) yang mengakibatkan nafsu makan hilang. Hal ini normal tapi sebaiknya dilawan. Jangan terbawa perasaan, sebab calon ibu harus memerhatikan asupan makanan. Konsumsi makanan yang kaya nutrisi. Misal bayam, kacang-kacangan, salmon, daging sapi tanpa lemak, dan masih banyak lagi.

Hindari rokok

Jauhi rokok, obat-obatan tertentu, kafein, alkohol dan semua zat yang bisa membahayakan kehamilan. Alkohol atau rokok bisa menganggu dan menghambat perkembangan janin Anda.

Jika sang ibu perokok, maka kemungkinan bayi terlahir tidak sempurna akan semakin besar. Bahkan, untuk ibu yang perokok pasif juga berisiko mengakibatkan asma pada bayi yang dilahirkan, seperti dilansir dari WebMD.

Kafein sebaiknya dihindari. Sebab bisa mempengaruhi jumlah zat besi di dalam darah dan akan memperparah gejala anemia yang lazim diderita wanita yang sedang hamil.

Atur emosi agar tidak mudah stres

Kehamilan mengakibatkan suasana hati turun naik seperti yoyo. Ini disebabkan oleh kondisi hormon yang sedang tidak stabil.

Akan lebih baik jika calon ibu bisa mengatur emosi. Dengan demikian terhindar dari stres. Caranya bisa dengan bermeditasi atau yoga saat hamil. Anda juga bisa mempraktikkan tip bebas stres selama kehamilan seperti dilansir laman BellyBelly.

Batasi hubungan intim

Di awal kehamilan, aktivitas seksual bisa berisiko keguguran. Jadi sebaiknya konsultasikan ke dokter kandungan perihal aktivitas seksual selama trimester pertama.

Dilansir Ayahbunda, hingga usia 17 minggu, plasenta atau ari-ari belum terbentuk sempurna. Perlakuan salah bisa mengakibatkan lepasnya sebagian ari-ari yang ditandai dengan perdarahan.

Apalagi jika kehamilan berisiko tinggi keguguran atau ada riwayat melahirkan prematur, ada perdarahan di dalam vagina atau plasenta previa maka disarankan untuk tidak melakukan hubungan intim untuk sementara waktu.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1mW1n2y
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat