Kiat menata meja kerja agar produktivitas meningkat

Meja kerja yang bersih dan terorganisir dengan baik akan membantu Anda berpikir jernih
Meja kerja yang bersih dan terorganisir dengan baik akan membantu Anda berpikir jernih

Jangan sepelekan fungsi meja kerja. Meja kerja yang berantakan akan bisa menyebabkan kinerja Anda menurun. Anda bisa kembali menata meja kerja di pagi hari, sebelum memulai pekerjaan hari ini. Ikuti kiat seperti dilansir dari BusinessNewsDaily yang akan membuat Anda mendulang sukses dalam karier sepanjang 2016.

Sapu bersih

Langkah pertama yang perlu Anda lakukan adalah menyingkirkan semua barang di atas meja kerja. Kosongkan meja kerja Anda. Kemudian Anda bisa mulai memilah barang atau dokumen yang masih dibutuhkan. Gambar usang atau pulpen yang tidak lagi semua harus dibuang.

Miliki tempat penyimpanan dokumen. Tujuannya agar kertas atau dokumen tidak berantakan di meja. Pisahkan dokumen yang sudah selesai dan tahap pengerjaan.

Batasi usia dokumen

Kebiasaan menyimpan dokumen yang tidak dipakai hanya akan membuat meja kerja Anda terlihat penuh. Buatlah batasan waktu untuk dokumen yang akan disimpan. Tentu berdasarkan persetujuan atasan.

Anda bisa menggunakan dokumen yang sudah tak terpakai untuk didaur ulang. Misalnya, membuat buku agenda dengan memanfaatkan halaman belakang dokumen yang masih kosong. Anda bisa menyontek ide mendaur ulang di sini.

Tata letak

Untuk memudahkan Anda dalam bekerja, letakkan barang-barang yang sering digunakan selama bekerja dekat dengan jangkauan. Buatlah secara sistematis dan hindari memilih barang yang berpotensi merusak hari Anda.

Tip: pilihlah tempat minum yang memiliki tutup yang sangat rapat. Jadi kalau tidak sengaja tersenggol tidak akan menimbulkan kekacauan.

Pembangkit semangat

Mungkin terlihat keci, tapi meletakkan cermin, vas, jam, boneka kesayangan atau bingkai foto Anda, keluarga atau anak akan menjadi pendongrak semangat bekerja.

Anda juga bisa memilih tanaman berukuran kecil dan tidak berbunga seperti kaktus untuk memberikan kesegaran pada meja kerja. Seperti dilansir dari Beritasatu, berdasarkan hasil penelitian dari School of Psychology, keberadaan tanaman mampu meningkatkan produktivitas kerja hingga 15%. Keberadaan tanaman juga membuat karyawan menjadi lebih bahagia saat bekerja di kantor.

Sumber ide

Anda memerlukan sumber ide atau inspirasi dalam bekerja. Letakkan buku-buku yang bisa mendukung bidang pekerjaan. Cara ini bisa membantu untuk Anda mendapatkan ide-ide segar.

Hindari meja kerja yang penuh dan membuat semua permukaan ditutupi oleh benda. Aturlah sedemikian rupa sehingga masih ada ruang kosong bisa membuat Anda tidak lelah dan suntuk memandang meja kerja.

Jangan malas, Anda tidak membutuhkan waktu lama untuk menata ulang meja kerja. Cosmopolitan menuliskan hanya dalam waktu 10 menit Anda sudah dapat membuat suasana baru yang menyegarkan pada meja kerja.

Bagi Anda yang bekerja di rumah atau punya ruang sendiri untuk bekerja, 12 ide mendekorasi meja bisa dicoba.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1mP63XD
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat