Daftar istilah mode yang wajib Anda ketahui

Tak ada ruginya mempelajari beberapa istilah mode ini.
Tak ada ruginya mempelajari beberapa istilah mode ini.

Bagi para pegiat mode, istilah yang umum digunakan seperti haute couture atau lookbook mungkin sudah sering Anda dengar. Tapi bagi kaum yang awam, kata-kata tersebut tentu saja asing di telinga.

Masalahnya, kini dunia mode banyak dan hampir selalu menggunakan istilah-istilah dalam bahasa Inggris atau bahasa Perancis. Tak hanya dalam majalah mode atau pagelaran busana, beberapa jenama mode ritel di Indonesia pun mulai menggunakan beberapa istilah asing tersebut.

Jika tak mengetahui arti dari istilah itu, bukan tak mungkin Anda akan salah kaprah ketika berbelanja kebutuhan mode.

Karenanya, Beritagar.id merangkum beberapa istilah yang sering digunakan dalam dunia mode yang diambil dari beberapa media seperti Vogue, Refinery29, WWD, Who What Wear dan Popsugar.

Avant garde

Avant garde dapat diartikan sebagai pakaian yang memiliki nilai seni tinggi. Pakaian ini bersifat eksperimental dan inovatif. Vivienne Westwood, Comme des Garcons dan Yohji Yamamoto adalah beberapa nama yang dikenal dengan rancangan seperti ini.

Dapper

Dapper adalah keadaan ketika seseorang tampil dengan rapi, terlihat bergaya dengan pakaiannya. Bisa juga dipakai menggantikan kata "seksi" dalam artian modis. Misalnya saja, Jammie Fox terlihat dapper di malam Golden Globe 2016.

Faux

Istilah "faux" Diambil dari bahasa Perancis yang berarti palsu. Di dunia mode, istilah ini diartikan sebagai imitasi. Apabila di jaket bulu yang Anda beli terdapat tulisan "faux fur" berarti jaket tersebut terbuat dari bahan bulu imitasi.

Fierce

Akhir tahun 1990-an kata "fierce" seringkali digunakan untuk menerjemahkan sesuatu yang sangat keren, di luar perkiraan. Kini fierce juga digunakan sebagai ekspresi wajah dan sorot mata yang tajam dan intens dalam sebuah pemotretan mode.

Haute couture

Jika seorang perancang mode mencantumkan kata "haute couture" dalam koleksinya, berarti pakaian tersebut dikerjakan dengan tingkat kerumitan yang tinggi menggunakan tangan (handmade). Tex Saverio adalah salah satu perancang haute couture yang dimiliki Indonesia.

Lookbook

Istilah Lookbook merujuk pada kompilasi foto koleksi pakaian yang dimiliki oleh seorang perancang busana. Lookbook digunakan untuk menunjukan koleksi perancang mode dalam satu musim atau satu tema koleksi.

Pop up shop

Pop up shop adalah toko yang dibuka di tempat tertentu dalam jangka waktu yang relatif sebentar, bukan toko permanen. Misalnya saja, sebuah jenama mode membuka pop up shop pada sebuah bazaar.

Ready to wear

Berbeda dengan avant garde dan haute couture, istilah ready to wear justru berarti pakaian yang diproduksi dalam jumlah banyak dan dijual dalam keadaan siap pakai.

Sartorial

Kata "sartorial" digunakan untuk menggambarkan gaya jahitan suatu pakaian. Misalnya saja, dari pilihan sartorialnya, Rooney Mara terlihat memiliki selera yang tinggi.

Resort

Resort adalah musim dikeluarkannya suatu koleksi. Terletak di antara musim panas/semi dan musim gugur/dingin. Biasanya koleksi ini dikeluarkan sekitar bulan Juli atau Agustus.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1TRPXrh
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat