Daftar album yang akan rilis sepanjang 2016

Dua personel Matajiwa; Anda Perdana (kiri) dan Reza Achman
Dua personel Matajiwa; Anda Perdana (kiri) dan Reza Achman

Tahun 2015 telah berlalu. Berbagai album dari lintas genre musik menghiasinya. Sangat banyak jumlahnya jika mau diurutkan. Hal yang sama juga masih akan terjadi sepanjang 2016. Mulai dari band atau solis yang berkarier secara independen hingga bernaung di bawah label besar akan berlomba merilis karya musik terbaiknya.

Beberapa mungkin pesimis, album apa lagi yang bisa diharapkan mencuat dan mencuri perhatian tahun ini. Maklum, tahun lalu bisa dikatakan sebagai momentum bangunnya musikus atau band idola dari tidur panjangnya. Tambah lagi kemunculan deretan pendatang baru dengan masa depan nan cerah.

Mulai dari kembalinya ratu pop Adele dengan album 25 yang menumbangkan banyak rekor, dedengkot heavy metal Iron Maiden yang memutus dahaga para penggemarnya setelah menanti lima tahun dengan album ganda Book of Souls, kemunculan Barasuara yang menunggangi album Taifun dengan materi lagu-lagu sangat menjanjikan, hingga mengejutkannya Efek Rumah Kaca lewat album Sinestesia karena dirilis mendadak saat jarum jam menunjukkan pukul 00.00 WIB.

Jangan lupakan juga bersatunya kembali kelompok indie rock The Libertines lewat album Anthems For Doomed Youth dan kembalinya kuartet The Corrs setelah satu dekade tercerai berai sebagai sebuah grup musik.

Dari Danilla hingga Matajiwa

Industri musik dalam negeri yang begitu dinamis tidak akan membuat tahun monyet api melempem. Sudah ada beberapa solis maupun band ternama yang menjadwalkan 2016 sebagai momen perilisan albumnya.

Nama pertama yang harus disebut adalah Danilla Jelita Putri Riyadi. Perempuan kelahiran Jakarta, 12 Februari 1990, yang mengusung musik jazz, soul, hingga bossanova ini langsung jadi primadona saat merilis debut albumnya, Telisik (2013). Album tersebut bahkan dinobatkan sebagai salah satu album terbaik oleh majalah Rolling Stone Indonesia.

Melalui surat elektronik kepada Beritagar.id, Kamis (7/1/2016), Danilla menulis bahwa album keduanya dijadwalkan rilis tahun ini. "Album kedua ini menceritakan banyak hal, dari kehidupan pribadi saya secara personal, kisah cinta, keserakahan, juga mengatasi kepedihan, dan lain-lain," tulisnya.

Lala Karmela juga bertekad merampungkan album solo keempatnya tahun ini. "Doakan semoga lancar biar bisa rilis awal 2016 ini," tulisnya melalui surel kepada Beritagar.id, Jumat (8/1). Album barunya nanti yang diproduseri Widi Puradiredja, drummer Maliq and D'essentials, akan lebih kental unsur musik 80-an.

Album yang keseluruhan terdiri dari 6-7 lagu akan berlirik bahasa Indonesia. Beda dengan album terakhirnya, Between Us (2013), yang menyisipkan beberapa lagu berbahasa Inggris. "Dengan Widi saya mendapatkan pelajaran yang banyak terutama dalam menulis lirik," lanjut Lala.

Menggali kembali nuansa musik lawas seperti era 80-an dan 90-an juga akan dilakukan oleh Calvin Jeremy. Tentunya dengan kemasan lebih modern. Saat menyambangi kantor redaksi Beritagar.id dalam rangka promosi lagu "Tak Berdua", awal Desember 2015, solis berumur 24 tahun itu mengatakan bahwa albumnya yang diberi tajuk Nostalgia akan bisa dinikmati awal 2016.

Penyanyi yang belakangan menjajal posisi sebagai produser film, Glenn Fredly, juga berencana kembali meluncurkan album baru. "Rencananya album saya rilis bulan Mei 2016, karena sudah dipersiapkan dari tahun lalu," kata Glenn dilansir Muvila (6/1).

Tidak semua lagu-lagu dalam album terbarunya kelak diciptakan sendiri olehnya. Ada beberapa kolaborasi dengan komposer lain.

Arian Arifin, vokalis kelompok rock Seringai, melalui pesan singkatnya kepada Beritagar.id mengabarkan bahwa bandnya juga berencana merilis album ketiga tahun ini setelah terakhir mengeluarkan Taring (2012).

Masih dari ranah musik rock, kelompok Max Havelaar yang empat tahun silam melepas lagu tunggal bertajuk "Suara Kita Suara Tuhan" akan melahirkan album perdananya pada Februari 2016. Sebagai pemanasan mereka kembali merilis single "Tumaritis".

Band keluarga The Sidarthas yang terdiri dari Bimbim (gitar/vokal), Massto (drum), Awak (gitar), dan Firas (bas) juga sedang intens menggodok materi album pertama mereka. Dilaporkan majalah Gitar Plus edisi 20 Desember 2015 - 20 Januari 2016, album yang distribusinya dipegang oleh Demajors tersebut akan rilis awal Januari 2016.

J-Rocks juga telah mengambil ancang-ancang untuk merilis album baru. Dengan menggaet Denny Chasmala sebagai produser, beberapa materi lama yang sempat tertunda selama tiga tahun disegarkan dengan dua lagu baru berjudul "Tiket Ke Surga" dan "Jangan Pergi".

Dua yang terdiri dari Anda Perdana (vokal/gitar) dan Reza Achman (drum/perkusi) dari kelompok Matajiwa juga telah menyelesaikan sekitar 70% materi album baru.

Dari segi musik, kelompok yang sejak awal mengaku tidak mengusung genre musik tertentu ini akan banyak bereskperimen dibanding album 1 (2014).

"Materinya kita coba beda dari (album) kemarin. Bikin sesuatu yang baru, kita buat album dengan sistem rekam langsung. Ternyata lebih efektif," papar Anda kepada Metrotvnews.com (4/1).



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/22OFkeH
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat