Bola Emas versi netizen: Messi juara, Ronaldo terpopuler

Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan), saat laga FC Barcelona, dan Real Madrid ("El Clasico"), di stadion Santiago Bernabeu, Madrid , Spanyol (23 Maret 2014).
Lionel Messi (kiri) dan Cristiano Ronaldo (kanan), saat laga FC Barcelona, dan Real Madrid ("El Clasico"), di stadion Santiago Bernabeu, Madrid , Spanyol (23 Maret 2014).

Pemain Argentina dan Barcelona, Lionel Messi, meraih penghargaan Bola Emas 2015 (FIFA Ballon d'Or), Senin (11/1/2016). Penyerang 28 tahun itu mengalahkan dua kandidat lain, Cristiano Ronaldo, dan Neymar Jr.

Melalui laman Facebook-nya, Messi mengirim pesan berkaitan kemenangan ini. "Saya ingin mengucapkan terima kasih kepada sepak bola, olahraga yang membuatku jatuh cinta sejak kecil, dan hingga hari ini saya masih 'cinta buta' kepadanya," petikan pernyataan Messi--yang ditulis dalam bahasa Spanyol.

Sekadar informasi, kemenangan Messi itu sesuai dengan prediksi Twitter, Sabtu (8/1). Merujuk data percakapan Twitter, Messi memang menjadi pemain yang paling banyak disebut (baca: dijagokan) di linimasa dalam topik #BallondOr. Ronaldo, dan Neymar menyusul di bawahnya.

Percakapan Twitter juga sukses memprediksi predikat pemain putri terbaik, yang diraih gelandang Amerika Serikat, Carli Lloyd (@CarliLloyd).

Prakiraan sedikit meleset dalam kategori pelatih terbaik. Mayoritas tweeps lebih menjagokan Pep Guardiola (Bayern Muenchen) sebagai pelatih terbaik. Menyusul di bawahnya, Luis Enrique (Barcelona). Ternyata, pengumuman resmi menunjukkan fakta berkebalikan, Enrique menjadi pemenang, dan Guardiola mesti menjadi runner-up.

Perbedaan selera juga terjadi dalam susunan tim terbaik. Tim Terbaik FIFA 2015 (FIFA FIFPro World XI Award) punya formasi 4-3-3, sedangkan tweeps lebih suka dengan formasi 3-4-3.

Dalam tim pilihan versi Twitter, tak ada nama Manuel Neuer (Bayern Muenchen, Jerman) di bawah mistar gawang. Tweeps lebih memilih David de Gea (Manchester United, Spanyol), sebagai penjaga gawang tim impian itu.

Selain itu, tweeps juga memilih tiga nama lain yang tak masuk dalam Tim Terbaik FIFA. Mereka adalah Andrea Pirlo (New York City, Italia), Arturo Vidal (Bayern Muenchen, Chili), dan Gerard Pique (Barcelona, Spanyol).

Berikut susunan formasi tim impian versi Twitter.

Tim impian 2015 versi Twitter.
Tim impian 2015 versi Twitter.

Messi kalah populer dari Ronaldo

Kembali ke topik Bola Emas 2015, bila merujuk pada tingkat kepopuleran--jumlah penggemar--di media sosial, Cristiano Ronaldo layak mendapat predikat "terbaik" (baca: terpopuler).

Di Twitter, penyerang Portugal dan Real Madrid itu dikenal lewat akun @Cristiano, yang punya lebih dari 39 juta pengikut. Jumlah itu mengalahkan statistik pengikut milik pemain depan Brasil dan Barcelona, Neymar (@Neymarjr), yang punya sekitar 20 juta pengikut.

Adapun Messi hingga saat ini tak memiliki akun resmi di Twitter.

Beralih ke Facebook, laman resmi Cristiano Ronaldo punya lebih dari 108 ribu penggemar. Disusul oleh laman Leo Messi yang memiliki sekitar 82 juta penggemar. Sementara itu, laman Neymar Jr punya sekitar 54 juta penggemar.

Sebagai informasi, @trendinalia mencatat tagar #Ballondor betah mengisi daftar topik tren Twitter dunia selama 12 jam, Senin (11/1).

Tagar itu dipenuhi dengan kicauan seputar momen malam penganugerahan yang berlangsung di Zurich, Swiss. Beberapa momen di antaraya juga menjadi lelucon di linimasa. Berikut sejumlah kicauan menarik dalam tagar #Ballondor.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1IZSq2n
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat