Bahaya psikologis di balik DVD kebugaran

Seorang wanita melakukan gerakan kebugaran dipandu oleh rekaman video.
Seorang wanita melakukan gerakan kebugaran dipandu oleh rekaman video.

Semua orang kini nampaknya ingin hal yang praktis. Daripada repot mengikuti gerakan instruktur kebugaran secara langsung, mereka lebih memilih menonton rekaman video kebugaran sebagai panduan saat mereka melakukan gerakan-gerakan yang membuat tubuh sehat dan kuat.

Meskipun nampaknya hasilnya bagus, namun video kebugaran mungkin mempunyai potensi bahaya psikologis.

Menurut sebuah studi yang diterbitkan dalam Sociology of Sport Journal, menonton rekaman DVD kebugaran di rumah bisa berbahaya secara psikologis karena tampilnya gambar-gambar negatif, model yang teramat seksi dan bahasa yang tidak memberikan semangat.

Menurut para peneliti dari Oregon State University (OSU), rekaman yang muncul dalam berbagai DVD kebugaran secara berlebihan menampilkan tubuh perempuan yang teramat seksi. Gambar-gambar itu memberikan pesan negatif berupa bentuk tubuh yang tidak nyata.

"Temuan ini menunjukkan bahwa gambar-gambar yang ada dalam video kebugaran mungkin menampilkan gambar tubuh yang seksi secara berlebihan," ujar Dr. Brad Cardinal, seorang profesor Kinesiologi di Oregon State University (OSU), seperti dilansir Gulte.com.

Selain itu, bahasa yang digunakan dalam DVD kebugaran bisa membuat aktivitas menjadi kurang efektif. Bahasa yang digunakan menghancurkan harapan orang-orang yang sedang berusaha untuk bugar dan berpotensi menyebabkan bahaya psikologis pada mereka.

"Kami tidak menganggap bahwa video ini aman secara psikologis," kata Dr. Cardinal kepada PostOracle. "Ada pula pertanyaan tentang beberapa gerakan yang bisa menyebabkan terjadinya cedera dan ada gaya yang benar-benar berbahaya bagi pengguna."

Untuk sampai pada kesimpulan seperti itu, Dr. Cardinal mengulas 10 DVD kebugaran populer yang berisi rekaman latihan yang dipimpin oleh seorang instruktur.

Usai mengulas DVD-DVD itu, tim peneliti mendapati bahwa sebagian besar instruktur dan model dalam video kebugaran ini adalah perempuan, berkulit putih, langsing dan memamerkan pakaian yang terbuka. Semua itu diyakini akan memprovokasi orang yang menonton video itu untuk lebih fokus pada penampilan, bukan pada kebugaran orang-orang yang ada dalam rekaman itu.

Tim peneliti juga mencatat bahwa sekitar seperempat atau 26,9 persen pernyataan yang dilontarkan oleh instruktur dalam video ini bertujuan untuk memberikan motivasi penonton.

Namun ternyata satu di antara tujuh pernyataan itu sifatnya negatif, misalnya "ucapkan salam kepada pemandu seksi yang berperut rata" "Anda harus terus berkeringat" "Anda mungkin merasa akan mati sekarang" dan lain-lain.

Dr. Cardinal mangatakan pernyataan-pernyataan seperti itu dapat menyebabkan terjadinya cedera, jauh dari hasil gerakan kebugaran yang diharapkan. Selain itu pernyataan negatif itu juga bisa menyebabkan para penonton merasa kebugaran dan tubuh mereka lebih buruk.

Dr. Cardinal, seperti diwartakan ScienceBlog, mengingatkan bahwa jika pengalaman yang didapatkan usai menonton DVD itu tidak positif, kemungkinan besar program kebugaran yang dijalankan akan berhenti. Para peneliti mengatakan bahwa tidak ada bukti ilmiah tentang keamanan program kebugaran yang ada dalam rekaman DVD. Dengan demikian, efektivitas dan akurasi isi rekmanan dipertanyakan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1OYeH2I
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat