Asupan tepat bagi yang berolahraga

Olahraga dan asupan tepat seperti pasangan yang sebaiknya tak terpisahkan.
Olahraga dan asupan tepat seperti pasangan yang sebaiknya tak terpisahkan.

Olahraga merupakan kunci kebugaran tubuh. Asupan yang tepat ibarat pasangan serasinya.

Karena itu asupan sebaiknya diperhatikan. Baik sebelum, saat dan setelah berolahraga.

Asupan yang tepat dapat membantu kita mencapai tujuan berolahraga dengan lebih cepat. Berikut saran asupan dari Cooking Light, kami pilihkan beberapa yang mudah didapatkan di Indonesia.

Makanan

Oatmeal

Untuk mempersiapkan otot diperlukan karbohidrat. Di dalam karbohidrat, terdapat kandungan glukosa yang bekerja pada otot layaknya bensin pada mobil. Dari berbagai jenis karbohidrat, gandum lah yang tepat. Karena mengandung serat yang memperlambat pencernaan, menjaga level gula darah stabil. Pasokan energi selama berolahraga pun lancar.

Salmon

Setelah sesi olahraga, tubuh memerlukan bantuan untuk perbaikan jaringan otot. Salmon adalah pilihan yang tepat. Vitamin D dalam salmon juga penting untuk mendukung pembentukan otot. Penelitian pada 2010 menemukan keterkaitan antara level rendah vitamin D dengan berkurangnya kekuatan otot.

Kismis

Ukurannya membuat kismis praktis untuk dibawa. Mineral di dalamnya membantu mengatur keseimbangan cairan dalam tumbuh. Dengan demikian Anda terhindar dari dehidrasi. Satukotak kecil kismis memberi lebih dari 300 miligram mineral. Jumlah ini setara dengan pisang berukuran kecil.

Minuman

Kopi

Yang dimaksud kopi adalah kopi hitam. Banyaknya sekitar 350 mililiter. Saat diminum sebelum berolahraga, dapat memperpenjang waktu berolahraga dan meningkatkan daya tahan tubuh. Menurut penelitian, linu dan nyeri setelah berolahraga juga dapat berkurang.

Minuman energi alami

Fitness Republic menyajikan 8 pilihan minuman penambah energi berbahan dasar alami. Padu padan jeruk, pisang hijau, blueberry, wheat grass dan kiwi dapat mendukung Anda memaksimalkan sesi olahraga. Baiknya minuman ini diminum sebelum berolahraga.

Jus Tomat

Setelah lari atau bersepeda lebih dari satu jam, kita tak sekadar kehilangan cairan. Elektrolit seperti sodium dan potasium ikut keluar lewat keringat. Segelas jus tomat dapat menggantikannya. Hindari gula, karena semakin murni semakin banyak manfaat tomat untuk tubuh.

Jahe

Merasa pusing setelah berolahraga? Tak perlu buru-buru minum penghilang rasa sakit. Buatlah minuman dari jahe. Bisa air jahe hangat, atau campur jahe dengan wortel dan apel menjadi segelas jus menyegarkan dan menyehatkan. Sebuah penelitian mengungkap, konsumsi jahe harian dapat mengurangi nyeri otot hingga 25%.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1mRRLWb
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat