Ancaman dari Soputan


Masak bisa jadi asik banget lho, kalo tau tips-tips jitunya. Buat pemula sekali pun, gak pernah ada kata terlambat untuk belajar. Nah, beberapa tips ini bisa jadi bekal kamu agar tambah menguasai dapur:

Menghafal Jenis Rempah dan Daun-Daunan


Mau gak mau, jenis rempah dan daun-dauan perlu dihapal ya Gladis. Karena sifatnya basic banget. Pengetahuan ini suatu hari pasti berguna, terutama saat kamu bisa memanfaatkan tanaman yang ada dekat rumah, tapi kamu gak bisa membedakan mana daun salam, daun kunyit, daun jeruk, ataupun pandan. Jangan lupa juga mengingat-ingat mana sereh(serai), lengkoas, dan jahe. Karena pemula masih banyak juga yang gak bisa bedain.

Saat Memotong Bawang


Banyak orang yang matanya mendadak perih dan berair pas motong bawang. Meskipun belum ada penelitiannya, tapi meletakkan baskom berisi air di depanmu bisa membantu banget lho.

Jenis Minyak


Kalo mau masakan enak, salah satu rahasianya ada di minyak. Kamu bisa menggunakan minyak kelapa saat membuat tumisan. Nah, di bagan akhir tambahin sedikit minyak wijen biar tambah sedap.

Takaran Minyak


Sebisa mungkin gunakan minyak baru setiap kali masak. Gak usah banyak-banyak. Secukupnya aja asal bahan makanan gak nempel di wajan. Minyak yang kebanyakan malah menyimpan kalori besar dan gak baik untuk kesehatan, apalagi menggunakan minyak bekas pakai.

Api Kecil, Sedang, dan Besar


Ini trik masak yang mendasar banget. Sebelum masak jangan lupa panaskan dulu wajannya. Kalo gak, rasanya nanti kurang sempurna, tampilannya juga gak cantik. Setelah panas, kamu bisa mulai mengecilkan api. Makanan yang dimasak dengan api kecil bumbunya bisa lebih meresap, sekalipun makan waktu lebih lama. Sedangkan yang apinya besar, bisa bikin tekstur makanan lebih fresh dan garing. Misalnya makanan ala resto lezat China atau Jenis gorengan.

Sayatan pada Bahan Makanan


Trik yang satu ini berguna untuk mengakali kematangan sampai ke dalam. Misalnya saat bikin telur, biar matang menyeluruh, buat sayatan di tengahnya saat memasak. Cara ini juga berguna saat kamu menggoreng tempe atau ikan, serta memasak yang berkemungkinan meletup seperti sosis.

Wajib Ada di Dapur


Setiap kali masak, wajib selalu ada garam dan gula, juga bawang. Masakan apapun bisa nikmat hasilnya hanya dengan memanfaatkan bumbu dasar dan rempah tersebut, sekalipun kamu gak punya penyedap. Untuk jenis sop dan sayuran, tambahan tomat yang agak asam bisa membangkitkan selera lho. Untuk megurangi bau amis pada masakan seperti sea food, kamu bisa mengakalinya dengan rempah terutama lengkoas, dan juga lemon.

Tambahan Bumbu


Bekal terakhir adalah dengan menambah bumbu di akhir masakan. Biar rasa bumbu lebih terasa dan masakanmu jadi nikmat. Jangan lupa juga untuk menyicipi masakan ya..

Semoga Bermanfaat dan Selamat Memasak Gladis ;)



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1SB9uxD
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat