8 misteri reuni Guns N' Roses

Tampilnya GN'R di Coachella Music and Arts Festival 2016 masih menyisakan sejumlah misteri
Tampilnya GN'R di Coachella Music and Arts Festival 2016 masih menyisakan sejumlah misteri

Kabar soal reuni Guns N' Roses (GN'R) dan jadi salah satu penampil di Coachella Music and Arts Festival 2016 benar adanya. Adalah Axl Rose, vokalis GN'R, yang mengonfirmasi kabar tersebut melalui akun Twitter resminya (5/1/2016).

Situs resmi Coachella juga telah merilis jadwal band-band yang akan manggung. Dalam acara yang akan berlangsung di Empire Polo Club, Indio, California, AS, GN'R dijadwalkan tampil pada 16 dan 23 April.

Pun demikian, tetap saja para penggemar bertanya-tanya siapa yang akan ikut hadir dalam konser tersebut. Pasalnya, Axl yang awalnya dijadwalkan hadir dan memberi keterangan dalam acara "Jimmy Kimmel Live!" (6/1), mendadak membatalkan janji.

Dilansir LA Times (4/1), salah satu sumber dalam acara yang tayang di stasiun televisi ABC itu mengatakan bahwa Axl batal tampil karena alasan tak terduga.

"Axl Rose seharusnya ada di sini besok malam, tapi mendadak ia batalkan. Apa alasannya, hanya dia yang tahu (sambil tertawa, red). Atau mungkin besok dia akan di sini dan hanya berusaha membuat kita terus menebak. Entahlah," ujar Jimmy Kimmel (5/1).

Kecuali Axl, Duff Mckagan (bassis), dan Slash (gitaris) yang telah dipastikan hadir, seputar formasi reuni band pelantun "Welcome to the Jungle" itu masih menyisakan tanda tanya besar. Rolling Stone menulis setidaknya ada delapan misteri yang belum terjawab. Berikut penjabarannya.

1. Apakah Izzy Stradlin terlibat?

Gitaris yang merupakan salah satu pendiri Guns N' Roses ini merupakan kepingan penting dalam formasi awal. Jika Slash yang jadi tandemnya terkenal dengan aksi panggung yang liar, Stradlin sebagai gitaris ritem mengimbangi dengan sifat kalemnya.

Jangan lupakan juga kontribusinya sebagai salah satu penulis hits awal GN'R seperti "Sweet Child o' Mine" dan "Paradise City". Ia bahkan penulis tunggal lagu "Patience" yang termuat di album Lies (1989).

Setelah album ganda Use Your Illusion I & II (1991) rampung, Izzy hengkang dan merilis beberapa album solo. Sempat juga ikut latihan pada masa awal pembentukan Velvet Revolver (VR), tapi kemudian memilih keluar dan diganti Dave Kushner.

Hubungannya dengan personel GN'R yang lain tidak pernah bermasalah. Selain akur dengan Matt Sorum, McKagan, dan Slash yang mendirikan VR, sosoknya juga kerap tampil sebagai gitaris tamu dalam beberapa konser GN'R formasi baru.

2. Jika Izzy tidak terlibat, siapa penggantinya?

Menyusul keluarnya Bumblefoot dan DJ Ashba sebagai gitaris GN'R, siapa yang jadi tandem Slash jika Izzy tidak terlibat? Formasi GN'R beberapa tahun belakangan menghadirkan tiga gitaris. Satu lainnya adalah Richard Fortus. Ketidakhadiran Izzy mungkin akan diisi Fortus. Bisa juga mengajak kembali Gilby Clarke. Sosok satu ini adalah gitaris pengganti kala Izzy mundur.

Menggunakan jasa ketiganya sekaligus juga memungkinkan terjadi. Jurnalis Mitch Lafon punya tebakan sendiri. Menurutnya, formasi reuni GN'R di Coachella terdiri dari delapan orang. Format tiga gitaris tetap akan dipakai. Namun, nama yang terlibat adalah Slash, Fortus, dan Kushner.

3. Siapa yang jadi drummer?

Posisi sebagai penjaga tempo lagu-lagu GN'R juga menarik ditebak. Pasalnya, juga ada tiga drummer dalam tubuh band ini yang masing-masing punya penggemarnya sendiri; Steven Adler, Matt Sorum, dan Frank Ferrer.

Jika gitaris masih bisa memakai tiga orang, beda dengan drummer. Agak janggal dan boros kalau ketiganya terangkut.

Adler adalah drummer yang mengisi album Appetite for Destruction (1987) yang terjual lebih dari 30 juta keping di seluruh dunia. Sorum sebagai pengganti Adler berkontribusi dalam album ganda Use Your Illusion. Sosoknya juga lebih disukai McKagan dan Slash.

Ferrer adalah pilihan Axl selama mengibarkan nama GN'R seorang diri. Masuk mengisi kursi yang ditinggalkan Bryan Mantia sejak 2006, posisinya tak tergantikan hingga sekarang. Melodic Rock menuliskan bahwa nama Ferrer adalah drummer formasi reuni GN'R kali ini.

4. Personel lainnya

Pemencet keyboard Dizzy Reed yang telah bergabung sejak 1990 tampaknya tidak tergoyahkan. Hal yang sama kemungkinan juga berlaku bagi Chris Pitman, multi instrumentalis yang menguasai keyboard, synthesizer, drum, bas, hingga programming.

Dua orang ini juga adalah tandem dalam konser GN'R sejak 1998 dan sama-sama menyumbangkan permainannya dalam album Chinese Democracy (2008). Satu nama yang terlempar adalah bassis Tommy Stinson seturut masuknya McKagan.

5. Kelanjutan nasib GN'R

Apa yang akan terjadi setelah formasi reuni GN'R tampil di Coachella 2016? Sebuah misteri yang juga tak kalah pentingnya untuk dijawab. Menurut Billboard, Axl dkk sedang bernegosiasi agar bisa tampil di 25 stadion yang tersebar di seluruh Amerika Serikat sepanjang musim panas (Juni-Agustus).

GN'R juga kemungkinan tampil dalam salah satu pembukaan sebuah arena baru di Las Vegas pada 6 April 2016. Untuk setiap pertunjukan tersebut, GN'R meminta honor USD3 juta (Rp41,5 miliar).

Tampil kembali setelah Coachella 2016 adalah keniscayaan. Ada begitu banyak tawaran manggung yang menghampiri band ini meskipun mereka mematok honor selangit.

Bisa juga formasi ini bubar setelah tampil di Coachella. Ingat konser reuni Led Zeppelin dalam acara penghormatan untuk mendiang Ahmet Ertegun di Stadion O2 Arena, London, Inggris, pada tahun 2007?

Usai konser tersebut, Robert Plant (vokalis), Jimmy Page (gitaris), dan John Paul Jones (bassis) yang dibantu Jason Bonham (drummer) kemudian menghilang kembali.

6. Materi lagu yang akan dimainkan

Terkuaknya misteri apakah Slash dan McKagan bersedia memainkan lagu-lagu dari album Chinese Democracy juga patut dinantikan. Akan menarik jika seandainya mereka bersedia mengingat selama satu dekade rentang pembuatan album tersebut, peran Slash dan McKagan tidak ada sama sekali.

Atau bersediakah Axl menyanyikan lagu-lagu Velvet Revolver? Mengingat beberapa lagu dari band yang dibentuk Slash bersama McKagan dan Matt Sorum tersebut sangat bernuansa GN'R klasik, misalnya "Fall to Pieces".

7. Album baru

Guns N' Roses terakhir merilis album Chinese Democracy delapan tahun silam. Axl dalam wawancaranya bersama Revolver (4/6/2014) pernah mengatakan telah punya banyak materi lagu yang bahkan bisa menjadi album ganda. Apakah itu yang akan digarap bersama formasi terbaru ini? Hanya waktu yang bisa menjawab.

8. Alasan sebenarnya GN'R reuni

Meskipun dikabarkan bahwa upaya mengumpulkan kembali beberapa personel asli band ini telah dilakukan sejak beberapa tahun silam, namun apa sebenarnya yang terjadi masih tetap misteri.

Fakta bahwa band ini mematok honor tinggi dalam setiap penampilannya memunculkan spekulasi bahwa motivasi mereka berkumpul kembali hanya semata soal uang, bukan karena didorong oleh rasa tulus ingin berkumpul kembali. Hal tersebut yang kemudian membuat Izzy menolak ikut ambil bagian.

Craig Duswalt, manajer personal Axl, menyebut bahwa McKagan adalah sosok sentral yang menjadi mediator dalam rekonsiliasi antara Axl dan Slash.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1TEeWOo
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat