5 manfaat konsumsi kayu manis

Kayu manis bukan sekadar penambah rasa dan aroma. Rempah wangi ini juga kaya manfaat.
Kayu manis bukan sekadar penambah rasa dan aroma. Rempah wangi ini juga kaya manfaat.

Kayu manis dikenal sebagai rempah dengan wanginya yang khas. Indonesia adalah salah satu produsen dan pengekspor utama rempah ini. Itu mengapa, di Indonesia kayu manis seringkali ditemukan dalam berbagai racikan masakan maupun minuman.

Bolu lapis legit, pia apel, bir pletok adalah beberapa masakan dan minuman yang memanfaatkan rempah ini. Selain sebagai menambah aroma juga memperkaya cita rasa.

Namun tahukah Anda, ternyata khasiat dari mengonsumsi rempah kulit kayu ini lebih dari sekadar memanjakan lidah.

Kayu manis ternyata kaya manfaat. Bisa jadi belum diketahui para penikmatnya. Mulai menurunkan berat badan hingga kecantikan, berikut adalah beberapa manfaatnya.

Menurunkan berat badan

Kayu manis tidak membakar lemak. Namun, kayu manis yang telah dikonsumsi akan memberikan efek kenyang.

Hal ini terjadi karena kayu manis merupakan salah satu rempah yang baik dalam membantu proses pencernaan makanan dan membuat tubuh merasa tercukupi kebutuhan nutrisinya. Dilansir Stylecaster, mengonsumsi satu gram kayu manis setiap hari dapat membantu metabolisme tubuh dan mengendalikan kolesterol.

Melenyapkan bau mulut

Aroma wangi kayu manis yang khas dapat membantu menghilangkan bau napas tak sedap. Huffington Post sempat mengulas caranya.

Anda hanya harus mengunyah sedikit bagian kayu manis selama beberapa saat dan membuang ampasnya. Selain itu, kumur dengan air hangat campuran kayu manis juga dapat dilakukan untuk membuat napas lebih harum.

Meredakan flu

Dilansir Bembu, kayu manis dapat meningkatkan imun tubuh. Rutin mengonsumsinya tentu saja dapat meningkatkan kekebalan tubuh.

Untuk penanggulangan flu, Anda tinggal memakan atau menambahkan madu sebagai pemanis. Campuran kayu manis dan madu yang sama-sama mengandung anti oksidan dapat mengembalikan vitalitas tubuh.

Membuat bibir lebih sensual

Bibir tebal dan penuh ala Kylie Jenner dapat Anda miliki hanya dengan mengonsumsi kayu manis. Ya, panasnya yang menstimulasi aliran darah akan membuat bentuk bibir sedikit lebih tebal. Cara ini tentu saja lebih aman ketimbang melakukan operasi plastik.

Selain mengunyahnya, mengoleskan serbuk kayu manis pada bibir sebagai scrub juga dapat Anda lakukan.

Mengurangi sakit saat menstruasi

Dilansir Care2, kayu manis memiliki zat kimia alami bernama cinnamaldehyde. Zat ini akan menambah produksi hormon progesteron dan mengurangi testosteron sehingga keduanya menjadi seimbang.

Konsumsi minuman yang mengandung kayu manis saat menjelang haid. Hal ini akan mengurangi rasa sakit dan keram pada perut ketika waktu haid menjelang.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1YZQ05o
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat