4 masalah rambut perempuan dan solusinya

Memiliki rambut indah sudah tentu jadi cita-cita perempuan. Apalagi bagi wanita yang masih memegang teguh bahwa "Rambut adalah mahkota perempuan."

Namun, bagaimana jika pada kenyataannya, memiliki rambut indah juga butuh perjuangan? Rambut indah tak didapat sekadar karena ayah atau ibu Anda memilikinya, bukan?

Karena itu, beberapa perempuan ini akan mewakili masalah rambut perempuan yang mungkin juga sedang Anda alami saat ini.

Pecah dan bercabang

Ujung rambut memerah dan bercabang
Ujung rambut memerah dan bercabang

"Karena pernah dikeriting, sekarang rambutku bercabang dan pecah-pecah," ujar Aisha, seorang Senior Account Executive pada sebuah perusahaan media.

Kerusakan rambut yang dialami Aisha berawal karena pemakaian bahan kimia yang keras saat memodifikasi bentuk rambut. Bahan kimia itu akan merusak rambut. Kerusakan rambut ini bisa beragam bentuknya. Pada Aisha, pecah dan bercabang adalah contohnya.

Lauren Conrad melansir, ada banyak cara yang bisa dilakukan untuk mengurangi bahkan menghilangkan rambut bercabang dan pecah-pecah, misalnya:

Menjaganya tetap lembap

Selalu gunakan kondisioner setiap keramas setelah bersampo. Kerusakan seperti ini juga bisa dibenahi dengan memakai masker rambut satu kali dalam sepekan.

Memotong ujung rambut

Memangkas ujung rambut biasa juga disebut trim. Lakukan proses ini di salon untuk dapat hasil yang maksimal. Memotong rambut dengan gunting yang kurang tajam akan memperparah kerusakan rambut.

Rontok hebat setelah melahirkan

Rambut tertinggal setiap kali menyisir
Rambut tertinggal setiap kali menyisir

"Setelah melahirkan dan menyusui tiba-tiba rambutku rontok parah" ujar Firni, seorang Account Executive.

Dilansir Baby Center, perubahan hormon selama masa kehamilan dan setelah melahirkan memang dapat membuat rambut rontok. Jika pada normalnya rambut yang rontok berjumlah 100-125 dalam sehari, setelah melahirkan bisa saja rambut Anda rontok sebanyak 500 helai per harinya.

Jangan khawatir, kerontokan rambut seperti ini masih dapat diatasi dengan cara:

Lepas ikatan rambut

Mengikat rambut akan membuat kondisinya yang lemah semakin mudah tercabut dari akarnya. Biarkan rambut tergerai untuk membuatnya istirahat.

Gunakan sisir bergigi jarang

Hindari sisir berbentuk sikat yang tebal atau bergigi rapat. Sebaliknya, gunakan sisir dengan gigi jarang dan besar agar rambut tak mudah tersangkut dan rontok.

Biarkan rambut kering alami

Jika biasanya Anda selalu menggunakan pengering rambut, kali ini sisihkan sedikit waktu untuk membuat rambut kering alami.

Ketombe membandel

Ketombe yang mengotori baju
Ketombe yang mengotori baju

"Padahal hanya satu hari tak keramas, tapi ketombe sudah mengotori bajuku," ujar Niyanni, seorang Social Media Strategist.

Hal ini bisa saja terjadi ketika Anda memiliki tipe rambut yang cenderung berminyak. Kotoran yang menempel pada kulit kepala akan menjadi ketombe yang membandel walau hanya satu hari terlewat tanpa keramas.

Ikuti tip ini agar ketombe tak muncul kembali:

Ganti sampo

Lakukan ini jika ketombe muncul kembali ketika Anda memakai sampo anti ketombe. Everyday Roots melansir, kulit kepala Anda mungkin telah terbiasa dengan sampo yang Anda pakai hingga khasiatnya tak lagi terlihat.

Anda bisa menggantinya dengan sampo anti ketombe lainnya. Lakukan hal ini 3 bulan sekali untuk hasil yang maksimal.

Hindari produk penata rambut

Gel, hair spray atau wax dapat meninggalkan sisa produk pada rambut dan kulit kepala. Hal ini tentu saja dapat menyebabkan ketombe.

Jika rambut Anda mudah berketombe, hindari pemakaian produk-produk penata rambut, atau langsung cuci bersih rambut setelah memakainya.

Mengembang dan sulit diatur

Rambut mengembang sulit diatur
Rambut mengembang sulit diatur

"Tak hanya mengembang dan sulit diatur, gara-gara catok, cat dan pengering sekarang rambutku juga kusam," ujar Afrillia, seorangEditor.

Dilansir Huffington Post, pada dasarnya mengubah rambut menjadi sesuatu yang bukan seperti aslinya pasti akan membuatnya menjadi rusak. Apalagi jika tidak dilakukan oleh para ahli.

Untuk mengembalikan kesehatan rambut Anda, lakukan ini:

Gunakan masker rambut alami

Tujuannya adalah untuk mengembalikan kelembapan alami rambut yang hilang karena proses penataan. Anda bisa menggunakan bahan-bahan alami seperti pisang, avokad dan minyak kelapa. Rambut yang lembap akan lebih mudah diatur.

Gunakan vitamin

Setop penggunaan alat dan bahan penataan rambut untuk sementara waktu. Sebagai gantinya, selalu gunakan vitamin atau serum rambut setelah keramas agar rambut kembali sehat.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1mzSDPN
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat