3 aplikasi pencari bengkel yang bisa membantu Anda

Ilustrasi sebuah bengkel motor
Ilustrasi sebuah bengkel motor

Salah satu momok saat berkendara adalah ketika mobil atau motor yang Anda tumpangi tiba-tiba mogok. Apalagi bila kendaraan tersebut mogok di daerah yang asing bagi Anda dan tak ada orang yang bisa ditanya sehingga sulit mengira letak bengkel terdekat.

Memang pengendara perlu mengetahui dasar-dasar soal kendaraan yang sedikit banyak bisa membantu saat terjadi insiden seperti mogok atau ban kempis. Namun adakalanya pengetahuan dan perlengkapan yang Anda miliki tidak cukup untuk memperbaiki kerusakan tersebut sehingga mesti segera mencari bengkel terdekat.

Untuk mempermudah pencarian bengkel atau tambal ban terdekat tersebut, beberapa developer perangkat lunak lokal telah merilis aplikasi yang bisa membantu Anda.

Sedikitnya ada tiga aplikasi yang kami temukan dan bisa Anda unduh di Google Play Store, yaitu:

1. Obeng (Online bengkel)

Online Bengkel
Online Bengkel

Aplikasi terbaru ini merupakan kreasi dari PT. Satu Lingkaran Teknologi, berbasiskan sistem operasi android yang menggunakan Location Based Service.

Cakupannya, seperti diwartakan Dapurpacu.com, Rabu (6/1/2015), adalah seluruh pemilik kendaraan bermotor dan pemilik bengkel di Indonesia.

Untuk memanfaatkan aplikasi ini, setelah mengunduh dan meng-install pada ponsel, pengguna hanya perlu mendaftar menggunakan akun media sosialnya secara daring. Sedangkan pemilik bengkel dapat langsung mendaftarkan bengkelnya agar dapat dengan mudah ditemukan oleh pengguna yang membutuhkan.

Saat ini, pengguna aplikasi Obeng dapat memperoleh fitur-fitur dasar, seperti rute menuju bengkel, informasi lalu lintas menggunakan Google Maps, dan tentu saja informasi seluruh bengkel terdekat yang sudah terdaftar pada aplikasi ini.

Pengguna juga dapat memberikan masukan dan penilaian mereka terhadap bengkel yang mereka kunjungi.

Anda bisa mengunduh aplikasi ini di sini.

2. Tambal Ban & Bengkel

Aplikasi pencari bengkel dan layanan tambal ban untuk gawai Android
Aplikasi pencari bengkel dan layanan tambal ban untuk gawai Android

"Aplikasi pencari lokasi Tambal Ban dan Bengkel motor/mobil berdasarkan lokasi terdekat. Hasil pencarian lebih lengkap dan lebih banyak karena menggunakan database Google Place dan Wikimapia. Tidak usah khawatir lagi bepergian takut kendaraan mogok atau ban bocor!" demikian keterangan aplikasi yang digagas oleh Serabutan Dev ini.

Tambal Ban & Bengkel memang memberikan kemudahan bagi Anda yang bingung mencari bengkel terdekat ketika kendaraan mogok.

Menurut seorang penulis Kompasiana, Ihsan Ariswanto, aplikasi ini sangat membantu pengemudi yang berada dalam kondisi darurat di Indonesia.

Akan tetapi, menurut Ihsan, Tambal Ban & Bengkel masih bisa dikembangkan lagi dengan memberikan beberapa fitur baru.

"Namun aplikasi tersebut belum memecahkan masalah yang lebih penting, yakni derita mendorong kendaraan saat ban bocor. Solusi untuk masalah ini adalah menggabungkan konsep tambal ban panggilan dengan aplikasi peta persebaran tambal ban seperti yang sudah ada tersebut. Namun masalah baru muncul di sini, tidak semua penambal ban yang terpetakan bersedia melayani jasa panggilan. Perlu ada mekanisme verifikasi bahwa penambal ban tersebut bisa melayani panggilan," tulisnya.

3. TambalBan Jogja

Aplikasi pencari layanan tambal ban di seputar kota Yogyakarta
Aplikasi pencari layanan tambal ban di seputar kota Yogyakarta

Pada 2014 silam, karena ban motornya kerap kempis di tengah jalan, seorang mahasiswa asal Yogyakarta, Harimas Rizqi, akhirnya menciptakan aplikasi yang berbasis Android untuk mencari dan menemukan bengkel tambal ban. Aplikasi yang dinamakan Tambalban Jogja ini mempermudah para pengendara motor yang mengalami kejadian serupa di Kota Gudeg itu.

"Hampir setiap saya jalan-jalan, pasti bertemu pengendara yang menuntun sepeda motor karena ban bocor," ungkap Harimas pada Tribun Jogja.

Melalui aplikasi ini Anda yang berada di wilayah Yogyakarta bisa melihat di mana saja kios tambal ban, lengkap dengan panduan jalur yang bisa ditempuh dari posisinya saat itu.

Untuk mengumpulkan data lokasi kios tambal ban, Harimas berkeliling di wilayah yang dituju. Mengendarai sepeda motor Harimas menemukan sekitar 180 titik kios tambal ban sepeda motor dan 20 sampai 30 titik tambal ban mobil.

Saat menemukan jasa tambal ban, Harimas akan mencatat koordinat bujur dan lintang berdasarkan perangkat Global Positioning System (GPS) pada gawai/ponselnya. Data tersebut ia olah, serta memadukannya dengan peta di Google Maps.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1Z7OAey
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat