10 penyebab kulit menjadi kering

Kulit kering akan terasa kesat dan tidak nyaman
Kulit kering akan terasa kesat dan tidak nyaman

Anda yang memiliki kulit kering pasti sering merasa bahwa mungkin itu adalah tipe kulit Anda yang sebenarnya. Tahukah Anda bahwa kulit yang kering bisa jadi karena aktivitas Anda sehari-hari?

Kulit yang kering bisa disebabkan karena banyak hal. Kebanyakan adalah pola perawatan yang kurang tepat.

Dilansir Popsugar, Babble dan She Knows berikut ini adalah kegiatan yang sering Anda lakukan yang tanpa sadar mengakibatkan kulit Anda menjadi kering.

Mandi air panas

Merendam diri atau sekedar mandi di pancuran air hangat memang dapat membuat tubuh menjadi lebih rileks. Tubuh yang terasa pegal-pegal juga dapat segar seketika dengan kehangatan air.

Namun ternyata air hangat dapat membuka pori, membuat kulit kehilangan minyak alaminya dan menjadikannya kering. Jika dilakukan secara rutin bukan tak mungkin kulit Anda akan menjadi terus-terusan terasa kering dan kusam.

Losion dengan pewangi

Mandi air hangat lalu mengusap tubuh dengan losion agar kelembapannya kembali? Mungkin langkah ini benar, tapi apakah pilihan losion Anda sudah tepat?

Jika salah memilih losion, kulit Anda justru akan semakin kering. Misalnya saja losion dengan pewangi yang banyak dijual di pasaran.

Kandungan pewangi di dalam losion akan membuat kulit kering. Itulah sebabnya Anda hanya disarankan untuk mengoleskan losion sebanyak satu atau dua kali dalam sehari.

Mengoleskannya terlalu sering akan membuat kulit Anda "bingung" dan menghentikan produksi minyak

Udara dingin

Anda gemar menaiki gunung atau bepergian ke daerah dingin? Jika benar, Anda pasti tak heran lagi dengan kulit bibir yang mengelupas atau kulit tubuh yang terasa kesat dan bersisik.

Udara dingin memang dapat membuat tubuh menghentikan produksi minyak alami sesaat. Untuk mengatasinya Anda bisa mengoleskan pelembap secukupnya pada daerah tubuh yang kering.

Sinar matahari

Sinar matahari baik untuk kulit. Tapi berjemur terlalu lama di matahari yang bersinar sangat terik justru akan merusak kulit.

Jika Anda sering melakukan ini, dapat dipastikan kulit Anda akan terlihat kering, warna tidak merata dan kusam. Parahnya, hal ini akan membuat kulit Anda keriput sebelum waktunya atau yang biasa disebut penuaan dini.

Polusi

Polusi berupa asap kendaraan, asap pabrik dan asap rokok akan mengikis kandungan vitamin A dalam tubuh. Sedangkan vitamin A sangat dibutuhkan tubuh untuk regenerasi kulit dan pembentukan lapisan kulit ari.

Kehilangan kandungannya akan berakibat fatal bagi kulit Anda, bukan?

Busa sabun mandi

Semakin banyak sabun semakin bersih kulit. Mulai sekarang, coba ubah pemikiran ini.

Surfaktan yang terdapat pada detergen sabun akan bereaksi terhadap kulit. Efeknya, kulit akan menjadi terasa kesat. Hal ini sering diartikan sebagai kulit yang bersih, namun sebenarnya kulit sedang dalam keadaan yang kering dan tak berminyak alami.

Produk antibakteri

Gel pembersih tangan, tisu basah, dan beberapa produk antibakteri lain biasanya menggunakan alkohol dalam pembuatannya. Alkohol dapat menyebabkan kulit dehidrasi.

Menggunakan produk ini secara berkala akan membuat kulit kering permanen.

Handuk

Sehabis mandi, handuk yang besar dengan serat kasar dan kering akan terasa mantap untuk menyerap seluruh air di permukaan kulit.

Tunggu dulu, ternyata handuk seperti ini justru akan menyebabkan iritasi kulit karena goresan-goresan halus yang dibuat oleh serat handuk tersebut. Ini juga akan membawa kulit pada proses penuaan dini jika sering dilakukan.

Pelembap bibir

Tidak semua pelembap bibir akan membuat bibir semakin kering. Kandungan mentol dan kamper yang terdapat dalam beberapa pelembap bibir yang akan membuat bibir menjadi kering. Anda bahkan tak perlu menunggu lama untuk membuktikannya.

Coba bandingkan pelembap bibir dengan dan tanpa kandungan mentol di dalamnya.

Kurang minum

Hal ini jelas karena manusia membutuhkan cairan. Kira-kira 1,5 liter air putih adalah jumlah yang disarankan untuk membuat tubuh bekerja semestinya.

Jika Anda kekurangan cairan maka kulit kering dan kusam akan jadi salah satu pertanda.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1PaL9Jb
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat