Tip menyembuhkan pengar usai pesta tahun baru

Pengar setelah berpesta tahun baru
Pengar setelah berpesta tahun baru

Pesta tahun baru selalu menyenangkan. Ada musik yang terdengar keras sepanjang malam. Ada makanan yang melimpah ruah. Dan, sering kali ada pula minuman yang memabukkan.

Sayangnya, ketika siang di tahun yang baru menjelang, kepala rasanya penging dan perut mual. Itulah yang namanya pengar (hangover). Gejala pengar antara lain adalah sakit kepala, rasa mual yang hebat, dan rasa lelah yang ekstrem.

Bagaimana cara menyembuhkan pengar akibat pesta tahun baru?

Seperti diwartakan oleh WallStreet Journal, hal pertama yang harus dilakukan untuk menyembuhkan pengar adalah berhenti menenggak minuman beralkohol.

Ada orang menganggap rasa pusing dan mual itu adalah gejala sakaw alkohol. Jadi mereka pikir obat yang paling sederhana memang minum alkohol lagi. Ini tidak direkomendasikan, dan malah menjadi tanda gejala masalah yang lebih serius. Lagi pula, hal ini hanya menunda masalah, bukan memecahkannya.

Harus diingat bahwa kalau Anda sering merasa pusing setelah minum, hindari obat yang mengandung acetaminophen. Kombinasi antara acetaminophen dosis tinggi dan alkohol bisa mengakibatkan kerusakan liver.

Kopi sering dianggap sebagai obat pusing. Namun, makanan olahan dan kafein bukan merupakan kombinasi yang baik untuk tubuh yang sedang terkena imbas dari alkohol, demikian menurut Lisa Guy, ahli nutrisi dan naturopati seperti dikutip dari KOMPAS.com.

Guy mengatakan bahwa kafein, yang terkandung dalam alkohol maupun kopi, dikenal sebagai bahan diuretik. Minuman seperti kopi, soft drink, dan energy drink yang mengandung kafein dalam kadar tinggi bisa meningkatkan dehidrasi, tambah Guy. Dengan demikian, kopi menyebabkan Anda banyak buang air kecil dan akibatnya Anda malah kekurangan cairan yang menyebabkan dehidrasi tersebut.

Selain kopi, hal lain yang wajib dihindari jika ingin sembuh dari pengar adalah rokok. Para ahli, seperti diwartakan Viva, setuju bahwa merokok akan memperburuk hangover.

Dalam studi yang dipublikasikan dalam Journal of Studies on Alcohol and Drugs, sebanyak 113 mahasiswa diteliti mengenai penggunaan alkohol dan rokok, termasuk gejala hangover yang dialami selama delapan minggu. Para peneliti lantas menemukan bahwa kombinasi alkohol dan rokok akan meningkatkan kondisi hangover yang diderita.

Justru salah satu cara terbaik untuk menyembuhkan pengar adalah dengan mengonsumsi timun sebelum tidur. Merdeka.com mencatat kandungan air sebanyak 90% di dalamnya dan juga gula, vitamin, serta elektrolit mampu menyeimbangkan tubuh sehingga hangover bisa disembuhkan.

Makan pare. Seperti diwartakan oleh Dream.co.id, sifat anti racun di dalam pare menjadi pilihan terbaik untuk menyingkirkan mabuk.

Jika tidak suka pare karena rasanya yang pahit, cobalah mencari penggantinya. Ketika dikunyah perlahan-lahan, jeruk bali disebut-sebut mampu menyembuhkan kondisi hangover (efek pusing, mual, dan lemas setelah mabuk).

KOMPAS Female menyebutkan orang Tiongkok menggunakan seluruh bagian dari tanaman jeruk bali sebagai bahan pengobatan batuk, mabuk kendaraan, dan gangguan pencernaan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1Sp5v76
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat