Tip menikmati perjalanan seorang diri

Perjalanan wisata seorang diri memberikan banyak keuntungan.
Perjalanan wisata seorang diri memberikan banyak keuntungan.

Setahun sekali, tidak ada salahnya kalau Anda melakukan perjalanan sendiri. Karena banyak keuntungan yang bisa Anda nikmati saat melancong sendiri, seperti dilansir dari Etramping.

Ketika melancong seorang diri, Anda bebas memutuskan mau pergi ke mana saja dan melakukan apa pun. Namun, Anda perlu melakukan persiapan matang. Termasuk destinasi wisata yang akan dikunjungi.

Berikut tip agar dapat menikmati perjalanan seorang diri.

Buat rencana perjalanan dan bagikan

Anda perlu membuat rencana perjalanan. Jadwal yang cukup detil, mencakup tujuan dan waktu perjalanan. Berikan salinannya kepada keluarga atau orang terdekat.

Jangan lupa untuk segera memberi kabar jika ada perubahan rencana. Maksudnya, agar keberadaan Anda tetap diketahui oleh orang terdekat. Mana tahu terjadi sesuatu.

Berkomunikasi dengan masyarakat setempat

Berinteraksilah dengan warga setempat. Jika memungkinkan Anda belajar memahami bahasa yang digunakan di daerah tersebut serta adat istidatnya.

Dengan bersosialisasi, Anda bisa mencoba mengandalkan warga lokal. Terutama saat membutuhkan bantuan. Anda juga perlu memerhatikan tanda petunjuk jalan yang akan memudahkan perjalanan wisata.

Gunakan uang secukupnya

Saat memutuskan untuk berpergian seorang diri, pastikan Anda tidak membawa uang berlebihan. Hindari mengeluarkan uang di depan banyak orang.

Buzzfeed menyarankan Anda tidak menyimpan semua uang dan kartu berharga dalam satu dompet. Pisah dalam beberapa tempat penyimpanan agar lebih aman.

Simpan pakaian yang mencolok

Dilansir Readersdigest, saat bepergian sendiri, sebaiknya hindari pakaian mencolok. Jangan sampai menarik perhatian orang jahat. Simpan dulu perhiasan mahal atau benda lain yang menunjukkan Anda membawa barang berharga. Bagaimanapun Anda tak mau jadi korban kejahatan.

Percaya insting

Melancong sendirian membuat Anda harus tetap waspada. Jangan mudah percaya pada orang asing. Tak perlu bercerita bahwa Anda pergi seorang diri.

Dengarkan insting Anda. Jika Anda merasa ragu dan tidak nyaman berada di satu tempat, sebaiknya bergegaslah menuju ke tempat yang lebih nyaman dan aman.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1PtPpq0
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat