Tip bekerja sambil liburan

Tetap bekerja di tanggal merah? Anda tak sendirian.
Tetap bekerja di tanggal merah? Anda tak sendirian.

Tidak semua dapat menikmati mewahnya libur akhir tahun.

"Dengan segala inovasi di bidang mobilitas dan konektivitas, kantor saya adalah dimanapun sinyal berada," kata konsultan teknologi informasi Jason Pollock pada USA Today.

Pollock bilang, kondisi itu seringkali menguntungkan. Namun banyak juga ruginya.

"Membatasi kerja dan kehidupan pribadi jadi sulit. Menjaga waktu akhir pekan dan liburan bebas dari pekerjaan jadi tantangan tersendiri," paparnya.

Apa yang dialami Pollock mungkin Anda rasakan juga. Tip berikut dapat membuat Anda tetap bisa menikmati libur, walau mau tak mau harus sambil bekerja.

Pastikan ada koneksi internet

Setidaknya cukup untuk dipakai bekerja. Walaupun mungkin tak sebaik koneksi internet di rumah atau kantor, setidaknya tak bikin Anda frustrasi. Jangan lupa selalu bawa stopkontak ekstra. Juga baterai ekstra untuk ponsel Anda

Urgensi pekerjaan

Ini ada di nomor satu dalam daftar yang disusun Lifehacker. Periksa ulang seberapa urgen pekerjaan yang akan Anda lakukan. Jika tak punya pilihan, apa boleh buat.

Batasi waktu kerja

Misal, pagi hari dari pukul 8 sampai 12 siang. Sambil berlibur pun bisa anda praktikkan. Misal, buka komputer jinjing Anda di perjalanan, atau di saat anak tidur.

Pastikan rekan kerja Anda tahu surel dan komunikasi soal pekerjaan hanya akan Anda layani pada jam tersebut. Jangan memperpanjang jam kerja saat liburan.

Boleh kerja, tidak boleh stres

Ingat, sebenarnya Anda sedang libur. Jadi lakukan tugas dan pekerjaan yang sederhana saja. Periksa dan balas surel, tindak lanjut melalui telepon, dan memastikan pekerjaan tak terganggu.

Delegasikan pekerjaan lain yang lebih besar pada rekan kerja yang bertugas. Anda bisa menawarkan diri untuk membalas bantuan saat mereka libur.

Fast Company juga punya sejumlah saran tambahan untuk bekerja saat libur. Di antaranya, tak perlu bekerja sembari menggerutu. Apalagi mengeluhkannya di media sosial.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1Ps5Xkl
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat