Tari membakar lebih banyak kalori daripada lari

Berdansa bisa membakar lebih banyak kalori ketimbang lari, renang atau bersepeda.
Berdansa bisa membakar lebih banyak kalori ketimbang lari, renang atau bersepeda.

Jika Anda sedang mencari cara ampuh membakar kalori, menarilah. Ternyata, berdansa bisa membakar lebih banyak kalori ketimbang lari, renang atau bersepeda.

Anda bisa pilih menari kontemporer, street dance, atau swing. Lakukan setidaknya 30 menit. Demikian hasil penelitian University of Brighton yang dilansir Daily Mail.

Dr. Nick Smeeton dan Dr. Gary Brickley juga menemukan fakta menarik lain. Menari tak hanya menguntungkan bagi lingkar pinggang, tapi juga berefek baik untuk kondisi psikologis seseorang.

"Menari tak hanya meningkatkan emosi positif dan mengurangi emosi negatif layaknya olahraga lain. Kami juga menemukan menari mengurangi rasa lelah," jelas Smeeton. Saat kita menari, emosi dalam diri seolah tertata kembali.

Efek setelah menari membuat kita lebih berenergi. Selain itu, ada interaksi yang terjadi saat menari.Ini merupakan salah satu cara ampuh meningkatkan kesehatan juga kesejahteraan.

Temuan-temuan di atas merupakan hasil riset Smeeton dan Brickley terhadap 15 penari dari London's City Academy. Mereka berusia 24 hingga 38 tahun.

Untuk kepentingan riset, masing-masing menari 30 menit. Balet, ballroom, kontemporer, salsa, street dan swing. Gerakan demi gerakan dianalisa. Detak jantung, pengeluaran energi para penari juga dipantau.

Periset juga mempersiapkan kuesioner pengukur emosi untuk para penari guna menilai kondisi psikologis mereka setelah serangkaian aktivitas menari.

Untuk memastikan komparasi data valid, periset juga melihat berat badan, umur, dan tingkat kebugaran masing-masing penari.

Dokter Andi Kurniawan, SpKO dari Indonesia Sports Medicine Centre pada Pesona juga mengungkap hal senada. Siapapun bisa mencoba untuk menari, gratis dan menyehatkan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1JuJRac
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat