Rahasia adegan Leonardo DiCaprio vs. beruang dalam The Revenant

Leonardo DiCaprio tak berdaya bertarung melawan beruang dalam salah satu adegan The Revenant
Leonardo DiCaprio tak berdaya bertarung melawan beruang dalam salah satu adegan The Revenant

Sutradara Alejandro Gonzalez Inarritu (52) asal Meksiko dan kompatriotnya sinematografer Emmanuel Lubezki (51) kembali memberikan suguhan mengagumkan dalam film terbaru mereka, The Revenant.

Tidak hanya berhasil merekam indahya panorama alam berupa pegunungan dengan pepohonan menjulang tinggi yang diselimuti salju tebal sepanjang film, tapi juga adegan dramatis nan sadis. Bagian terakhir ini yang mengundang rasa penasaran.

Dalam salah satu adegan, diperlihatkan bagaimana tubuh aktor Leonardo DiCaprio yang memerankan tokoh Hugh Glass dicabik-cabik seekor beruang. Bahkan diperkosa. Meski sempat melawan dengan melepaskan tembakan, Glass akhirnya tak berdaya menghadapi ganasnya sang beruang.

"Adegan itu --bersama beberapa adegan lainnya dalam film ini-- adalah hal tersulit yang pernah saya lakukan selama berkarier sebagai aktor. Tapi hasil akhirnya akan menjadi salah satu pengalaman paling mendalam untuk penonton," ungkap DiCaprio dalam wawancaranya bersama Yahoo! (19/12/2015).

Lubezki mengatakan kepada The Daily Beast (26/12) bahwa mereka menghabiskan waktu berbulan-bulan hanya untuk menggodok konsep dari adegan tersebut. Mulai dari bagaimana cara melakukan pengambilan gambar, apa yang ingin mereka jelaskan lewat adegan tersebut, hingga seperti apa situasi geografisnya.

Maklum, kejadian dalam film The Revenant terjadi pada tahun 1823 di Montana dan South Dakota, Amerika Serikat. Sementara syuting aslinya dilakukan di 12 lokasi berbeda yang tersebar di Kanada, AS, dan Argentina.

Setelah hutan untuk lokasi adegan tersebut ditemukan oleh Jack Fisk (perancang tata artistik), Lubezki yang biasa dipanggil Chivo lantas menduplikasi keadaan hutan tersebut dalam studio untuk melatih gerak antara kamera, beruang, dan DiCaprio sebelum mereka melakukan syuting di lokasi yang sebenarnya.

Agar adegan tersebut terlihat natural, Inarritu bersama Lubezki menonton sebuah rekaman video kejadian nyata insiden seseorang dimangsa seekor beruang ketika mengunjungi kebun binatang.

Lantas, bagaimana adegan tersebut diambil? "Kami adalah pesulap. Jika saya memberitahukan triknya, bisa kacau semuanya. Tapi, sekali anda tahu rahasianya, maka anda bisa melakukannya dengan cara yang lebih sederhana," sambung Chivo.

Beruntung, Jack Fisk berbaik hati mengungkapkan metode mereka dalam adegan tersebut. "Tidak ada beruang asli yang kami gunakan. Semuanya memakai CGI (Computer Generated Imagery) dan aktor pembantu," kata perancang tata artistik yang biasa terlibat dalam film-film arahan Terrence Malick itu dilansir Business Insider.

Awalnya, ada rencana menggunakan beruang asli yang telah dilatih. Namun, urung dilaksanakan lantaran wajah beruang-beruang terlatih tersebut terlalu datar. Tidak mirip dengan gambaran mereka tentang beruang beringas yang hidup pada era 1800-an.

Pada saat syuting berlangsung di Squamish, British Columbia, Kanada, ada aktor yang berperan sebagai pengganti beruang. DiCaprio yang menggunakan tali sling kemudian dibanting-banting. Agar tak terluka, Fisk bersama krunya membuat sekitar 25 pohon raksasa yang terbuat dari karet. Wujud beruang ditambahkan pada tahap pascaproduksi.

Duo Inarritu dan Lubezki sebelumnya telah membuat terobosan yang bikin orang berdecak kagum lewat Birdman (2014). Dalam film berdurasi sekitar 119 menit itu, semua adegan bersambung dari awal hingga akhir. Seolah diambil hanya dalam satu kali pengambilan gambar alias single shot.

Faktanya, metode pengambilan gambar dalam film yang meraih trofi Oscar sebagai film terbaik tersebut memanfaatkan cahaya, ruang, dinamisnya pergerakan kamera, dan bantuan sedikit efek spesial.

The Revenant telah tayang secara terbatas di Amerika Serikat sejak 25 Desember 2015. Penayangan secara luas akan berlangsung mulai 8 Januari 2016. Menurut keterangan akun @20thCFoxID yang merupakan akun Twitter resmi 20th Century Fox Indonesia, The Revenant baru akan meluncur pada bulan Februari di bioskop Indonesia.

The Revenant | Official Trailer [HD] | 20th Century FOX



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1JFrqQr
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat