Peretasan situs Setkab dan demam Star Wars

Tampilan situs web Setkab RI yang sempat diretas (24/12/2015)
Tampilan situs web Setkab RI yang sempat diretas (24/12/2015)

Situs web Sekretariat Kabinet atau Setkab RI di setkab.go.id, pada Kamis (24/12/2015) sekitar pukul dua siang, diretas orang tak dikenal. Si peretas juga mencantumkan teks yang berbunyi "Hello from the dark side, may force be with you :)". Kalimat ini pasti terdengar tak-asing bagi penggemar film Star Wars, dan penyanyi Adele.

Tampilan situs Setkab sempat berubah menjadi susunan huruf dan angka yang menggambarkan tengkorak manusia dan hewan, dan sejumlah teks serta garis-garis bergerak. Terdengar pula alunan house music saat laman beranda situs tersebut diakses.

Jika tampilan ini diklik, pengunjung akan dibawa ke berkas dokumen laporan "Pencapaian 1 Tahun Jokowi-JK" dalam format .pdf. Hingga pukul 18.45 WIB, atau empat jam kemudian, situs pemerintah itu akhirnya normal kembali.

Sekretaris Kabinet, Pramono Anung, mengonfirmasi bahwa situs Sekretariat Kabinet telah diretas. Untuk mengatasi peretasan, telah dilakukan beberapa langkah. Pertama, menghilangkan gambar hasil peretasan.

"Hasil analisis internal kami, peretasan diduga kuat dilakukan melalui plugin CMS (Content Management System). Salah satu teknik yang digunakan adalah dengan melakukan eksploitasi terhadap plugin CMS tersebut," ujar Pramono dalam rilis persnya.

Pihak Setkab juga telah mengamankan data yang tersimpan dalam situs, terutama akses terhadap halaman admin pengelola situs. Langkah ini sebagai upaya pencegahan jika ada peretasan berikutnya.

Langkah ketiga, menurut Pramono, melakukan pengamanan situs pascaperetasan. Mereka telah meminta Kemenko Polhukam, Kepolisian RI yang membidangi cyber crime, dan Lembaga Sandi Negara untuk melakukan kajian dan penyelidikan atas peristiwa peretasan tersebut.

Setelah ditempuh beberapa langkah tersebut, terutama langkah pertama dan kedua, data yang sebelumnya sempat hilang, sedikit demi sedikit dapat dipulihkan kembali. Sejak pukul 18.45 WIB, situs setkab.go.id telah beroperasi kembali seperti sedia kala.

Belum diketahui, siapa yang bertanggung jawab atas aksi "iseng" ini.

The Force will be with you. Always.

Adapun tentang teks, "Hello from the dark side, may the force be with you :)", menarik untuk ditelusuri. Bagian terakhir kalimat ini, berasal dari film Star Wars: Episode IV - A New Hope (1977). Pada menit ke 1:10:04, Obi-Wan (Ben) Kenobi (Alec Guinness) mengucapkannya kepada Luke Skywalker (Mark Hamill), sebelum melawan penguasa galaksi, Empire.

"The Force will be with you. Always," demikian tepatnya penggalan kalimat Ben. Setelah itu, kutipan tersebut menjadi salah satu ikon film-film Star Wars, bahkan menjadi salah satu kutipan terpopuler dari sebuah film.

Sedangkan kalimat pertama, "Hello from the dark side", belakangan populer sebagai plesetan lagu Adele, Hello. Sebuah video musik parodi diunggah ke YouTube, berjudul Adele - Hello (from the dark side). Video ini jadi viral di internet, hingga artikel ini dibuat sudah ditonton 1,6 juta kali.

Pembuatnya bukan orang sembarangan, seorang audio engineer asal New York, Roy Thompson. Ia mengubah syair lagu Hello, yang aslinya berbunyi "Hello, from the other side," menjadi berbau Star Wars, "Hello from the dark side". Ia mengunggahnya ke YouTube pada 2 Desember 2015 lalu, lewat akun RoyishGoodLooks.

Dark side atau sisi kegelapan, adalah sisi jahat dari kekuatan (the Force) dalam franchise film Star Wars. Penguasanya mendapat nama depan Darth, dan Darth Vader adalah salah satunya. Di sisi seberangnya, ada orde Jedi, penganut sisi terang dan kebaikan. Darth Vader adalah nama lain Anakin Skywalker (ayah Luke Skywalker), tokoh dari orde Jedi yang membelot ke sisi kegelapan.

Mungkin peretasnya sedang terkena demam Star Wars: The Force Awakens (2015). Film ini baru saja tayang, dan mencatat rekor film terlaris dalam sepekan tayang di layar perak.

Adele - Hello (from the dark side) [parody]



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1QZqjBl
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat