NASA bertekad tumbuhkan kentang di Mars

Suasana permukaan Mars
Suasana permukaan Mars

Manusia selalu membutuhkan makanan untuk bertahan hidup. Jika penjelajahan ke Planet Mars terwujud, tentu dibutuhkan sumber daya berupa makanan untuk kelangsungan hidup manusia.

Terinspirasi oleh film The Martian yang dimainkan oleh Matt Damon, NASA bertekad untuk membudidayakan kentang di planet merah itu.

Dalam film itu dikisahkan seorang astronaut terperangkap di Planet Mars, jauh dari Bumi, saat musibah menimpa dirinya yang sedang meneliti kondisi di sana.

Regunya berhasil selamat. Sementara ia tertinggal seorang diri dengan persediaan makanan yang menipis. Ia harus mencari cara bertahan hidup hingga regu penyelamat datang menjemputnya, membawanya pulang ke Bumi.

Dengan kemampuan bercocok tanam, sang astronaut mencoba menanam kentang di Mars dikenal sebagai planet yang tandus.

Kini para ilmuwan NASA seperti diwartakan KOMPAS.com bekerja sama dengan International Centre Potato akan melakukan eksperimen serupa dengan menumbuhkan kentang di Planet Mars.

Eksperimen ini tidak hanya untuk mencari tahu apakah manusia akan bisa bercocok tanam di planet lain, tetapi juga mencari solusi untuk bertanam dalam kondisi yang sulit di Planet Bumi. NASA berencana membangun sebuah kubah yang bisa dikendalikan di Planet Mars untuk menanam bibit yang sulit tumbuh.

"Adakah cara yang lebih baik untuk belajar soal perubahan iklim dengan menanam tumbuhan di sebuah planet yang telah mati 2 miliar tahun yang lalu?" ujar Joel Ranck dari CIP.

"Kami ingin agar orang-orang paham bahwa jika kita dapat menumbuhkan kentang dalam kondisi ekstrem seperti di Mars, maka kita bisa menyelamatkan kehidupan di Bumi," tambahnya.

Intisari-Online memaparkan dalam eksperimen ini akan digunakan tanah yang paling mirip dengan tanah yang ditemukan pada Planet Mars. Tanah tersebut berasal dari padang pasir Pampas de La Joya, Peru. Para ilmuwan akan membuat atmosfer seperti di Mars yaitu komposisi udara 95,32% karbon dioksida dan 0,13% oksigen.

"Peningkatan karbon dioksida akan menguntungkan tanaman, yang hasilnya bisa 2 hingga 4 kali lipat dari tanaman gandum biasa dalam kondisi bumi yang normal, karena atmosfer di Mars 95 persen adalah karbon dioksida," ujar penyataan yang dirilis CIP seperi dikutip dari Merdeka.com.

"Jika kita dapat menumbuhkan kentang di Planet Mars, kita bisa menyelamatkan kehidupan di Bumi," ujar Head of Communication CIP, Joel Ranck seperti dilansir blog CIP.

Saat ini, ada 842 juta penduduk dunia yang terkena dampak kelaparan. Jumlah penderita kelaparan terus bertambah akibat meningkatnya pemanasan global dan kemiskinan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1NJSQbA
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat