Menghitung usia kehamilan menantu Jokowi

Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana, dan tiga anaknya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, serta menantu, Selvi Ananda, saat upacara Mitoni di kediamannya, Sumber, Surakarta, Jawa Tengah, 26 Desember 2015. Syukuran tersebut digelar menyambut kehamilan Selvi Ananda yang telah memasuki usia tujuh bulan.
Presiden Joko Widodo bersama istri, Iriana, dan tiga anaknya, Gibran Rakabuming Raka, Kahiyang Ayu, Kaesang Pangarep, serta menantu, Selvi Ananda, saat upacara Mitoni di kediamannya, Sumber, Surakarta, Jawa Tengah, 26 Desember 2015. Syukuran tersebut digelar menyambut kehamilan Selvi Ananda yang telah memasuki usia tujuh bulan.

Keluarga Presiden Joko Widodo, menggelar upacara adat mitoni atas kehamilan Selvi Ananda di Sumber, Surakarta, Jawa Tengah pada Sabtu (26/12/2015).

Menurut adat Jawa, mitoni (berasal dari kata "pitu" yang berarti "tujuh") dilaksanakan pada usia kehamilan menginjak tujuh bulan dan pada kehamilan pertama kali.

"Alhamdulillah, hari ini ada upacara syukuran dari 6 bulan menuju 7 bulan untuk anak saya Gibran dan Selvi. Mohon doa restu semoga bayi yang dikandung sehat dan diparingi (diberikan) lancar semuanya," kata Jokowi di kediamannya, Solo, Jawa Tengah seperti dikutip dari Liputan6.com.

Seorang kader PKS bernama Muhammad Fadri A R lewat akun Facebooknya mempertanyakan usia kehamilan Selvi yang menurutnya sudah berusia 7 bulan padahal baru menikah 6 bulan yang lalu.

Pernikahan Gibran Rakabuming Raka dan Selvi Ananda digelar pada 11 Juni 2015 yang lalu. Jadi, kira-kira berapa bulan usia kehamilan menantu Jokowi sebenarnya?

Kebanyakan wanita zaman sekarang mengandalkan bidan dan dokter untuk mengetahui ketepatan usia kehamilan. Selain itu, biasanya ibu hamil juga melakukan USG untuk mengetahui usia kehamilan sekaligus mengamati perkembangan dan pertumbuhan janin.

USG memang memiliki tingkat akurasinya yang lebih tinggi dalam memperkirakan usia kehamilan dengan menghitung ukuran tengkorak, ukuran jantung, panjang janin, ginjal, dan lain-lain.

Namun tidak ada salahnya jika perempuan hamil juga mampu untuk menghitung usia kehamilan yang bisa dilakukan sendiri.

Di internet banyak bertebaran situs-situs yang menyediakan piranti untuk menghitung usia kehamilan seorang perempuan.

Salah satu situs yang menyediakan kalkulator penghitung usia kehamilan dengan cara yang amat mudah dan praktis adalah ZainalM.com. Caranya hanya dengan memasukkan tanggal Hari Pertama Haid Terakhir (HPHT) dan jika ingin lebih akurat lagi, masukkan juga rata-rata lama siklus haid setiap bulan. HPHT adalah tanggal hari pertama mulai haid sebelum kehamilan terjadi. Jadi setelah haid tersebut tidak ada lagi haid dan seorang perempuan sudah diketahui hamil.

Kembali ke pertanyaan berapa usia kehamilan menantu Jokowi yang menikah pada 11 Juni 2015?

Di sini kita mengasumsikan bahwa pada saat pernikahan digelar, Selvi dalam masa subur (14 hari setelah HPHT), mempunyai siklus haid 28 hari, dan langsung hamil. Dengan demikian HPHT-nya adalah pada 28 Mei 2015.

Tanggal itu kita masukkan ke dalam piranti online yang tersedia dan hasilnya adalah sebagai berikut:

Kalkulator kehamilan
Kalkulator kehamilan

Kesimpulannya adalah pada 26 Desember 2015 usia kehamilan Selvi adalah 28 minggu 2 hari atau 198 hari atau 6 bulan 18 hari (belum genap 7 bulan). Dari hitungan menggunakan kalkulator kehamilan online tersebut juga diketahui tanggal perkiraan janin mulai siap dilahirkan (11 Februari 2016), perkiraan tanggal kelahiran (3 Maret 2016).



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1OVS2OC
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat