Menggoreng kentang ala restoran cepat saji

Kentang goreng yang renyah dan gurih.
Kentang goreng yang renyah dan gurih.

Kentang goreng merupakan makanan favorit kebanyakan orang. Apalagi jika teksturnya renyah dan rasanya gurih. Mirip kentang goreng restoran cepat saji.

Tapi membuatnya sendiri tidak semudah yang dibayangkan. Bukannya renyah dan gurih, seirngkali kita gagal membuatnya jadi terlalu lembek.

Indikator kentang goreng lezat bisa dilihat dari lapisan luar kentang yang berwarna kuning keemasan dengan tekstur renyah namun terasa lembut di bagian dalam.

Dilansir Dailymail , ada beberapa tahapan untuk membuat kentang goreng renyah dan gurih. Berikut ini 5 kunci keberhasilan membuat kentang goreng ala restoran cepat saji, seperti dilansir dari The Daily Meal.

1. Pemilihan kentang

Langkah pertama yang perlu Anda pastikan yaitu memilih bahan dasar dengan kualitas yang baik. Pilih kentang yang usianya cukup matang.

Kentang tua memiliki kandungan air yang lebih sedikit sehingga membuat kentang goreng akan terasa lebih renyah. Kandungan pati yang lebih banyak terdapat pada kentang tua. Ini yang membuat kentang lebih terasa empuk ketika digoreng.

2. Pengunaan minyak

Gunakan minyak yang memiliki titik panas yang lebih tinggi. Minyak yang cepat panas akan cepat menjadi rusak dan ini mempengaruhi rasa dan tekstur dari kentang goreng. Minyak nabati menjadi jenis minyak yang paling cocok digunakan ketika menggoreng kentang.

3. Perlengkapan memasak

Sebelum memasak, sedia sutil, saringan minyak, dan piring saji. Hal ini akan memudahkan Anda ketika hendak mengangkat kentang yang sudah masak dan meniriskannya.

4. Proses menggoreng

Salah satu rahasia kentang goreng renyah karena menggunakan banyak minyak ketika menggorengnya. Kentang yang terendam minyak akan matang dengan merata dan memiliki tekstur yang sama antara kentang satu dengan lainnya.

Ingat, pastikan minyak dalam keadaan panas. Dan jangan memasukkan kentang dalam jumlah banyak. Angkat kentang saat sudah berwarna kuning keemasan. Angkat segera dan tiriskan memakai saringan jaring. Tiriskan kembali diatas tisu agar kentang bener-bener kering

5. Bumbu tambahan

Jika, ingin menambahkan bumbu, seperti garam atau merica bubuk sebaiknya saat kentang masih dalam keadaan hangat. Agar lebih mudah menyerap bumbu. Sajikan kentang selagi hangat.

The Trick to Making French Fries - Kitchen Conundrums with Thomas Joseph



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1R0ZEFH
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat