Menata ruang makan untuk pesta akhir tahun

Meja makan yang tertata apik menambah selera makan.
Meja makan yang tertata apik menambah selera makan.

Merayakan malam tahun baru tidak harus menguras isi dompet. Anda bisa merayakan malam pergantian tahun dengan mengadakan pesta makan malam di rumah.

Agar makan malam bersama orang terdekat memberikan kesan mendalam, tidak ada salahnya jika menata meja makan. Sebab, meja makan sudah menjadi tempat favorit keluarga berkumpul. Bercengkrama dan menikmati sajian hidangan favorit.

Fungsi meja makan kini pun beralih menjadi tempat menjamu tamu (formal dine entertaining). Dilansir Femina, Anda bisa mengatur ruang makan dengan memerhatikan beberapa hal berikut ini.

1. Karakter meja. Sesuaikan bentuk dan karakter meja makan dengan ukuran ruang. Untuk Anda yang memiliki ruang makan minimalis, jangan khawatir. Sebab, Anda tetap bisa menata ruang makan agar terlihat luas dengan memilih warna dan model meja makan dengan mengusung tema monokrom.

2. Proporsi tinggi kursi dan meja. Pastikan kursi makan nyaman sesuaikan tinggi kursi dengan tinggi meja. Ketika duduk, tinggi meja berada di atas perut dan masih di bawah dada.

3. Pencahayaan. Ruang makan harus terang. Anda bisa meletakkan meja dan kursi makan dekat jendela atau menambahkan lampu gantung di atas meja untuk menerangi makanan yang tersaji.

4. Warna di sekitar meja. Jangan sepelekan pemilihan warna. Sebab, warna mampu membangkitkan selera makan atau sebaliknya. Anda bisa memadukan warna pastel dengan aksen segar. Seperti merah atau hijau pada pemilihan taplak meja atau alas piring

5. Lukisan pembangkit selera. Memajang lukisan bisa menambah kesan hangat pada ruang makan Anda.

Selain memerhatikan ruang makan, langkah selanjutnya adalah menata meja makan agar terlihat cantik. Menurut desainer interior Susan Octari Yawhan, dilansir Okezone, seni penataan meja atau yang populer dengan istilah table setting tidak melulu memberikan kesan formal.

Unsur penting dari penataan meja adalah menyesuaikan dengan tema acara atau tema hidangan. Misal, meletakkan terompet mini di atas meja makan untuk sajian makan malam akhir tahun.

"Biasanya bagian tengah diberikan hiasan bunga segar yang ditata secara cantik atau bisa juga menambahkan dengan lilin hias, buah-buahan dalam mangkuk dan berbagai aksesori lainnya," tutur Susan.

Tapi jika Anda ingin memberikan kesan formal pada pesta makan malam akhir tahun, Marthastewart memberikan panduan meletakkan perangkat makan. Seperti, penyusunan sendok yang dimulai dari hidangan pembuka hingga hidangan penutup.

Anda ingin menjamu keluarga dan kerabat dengan makan malam? Ragam ide di sini bisa menjadi inspirasi.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1VqCKGR
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat