Manfaat tak terduga pohon cemara bagi kesehatan

Manfaat tak terduga pohon Natal bagi kesehatan
Manfaat tak terduga pohon Natal bagi kesehatan

Natal identik dengan pohon cemara yang dihias lampu warna-warni. Sebelum orang banyak menggunakan plastik sebagai pohon Natal, dahulu pohon cemara adalah pilihan utama sebagai hiasan.

Pohon Natal bukanlah suatu keharusan di gereja maupun di rumah sebab ini hanya merupakan simbol agar kehidupan rohani kita selalu bertumbuh dan menjadi saksi yang indah bagi orang lain "evergreen".

Pohon Natal ini juga melambangkan "hidup kekal", sebab pada umumnya di musim salju hampir semua pohon rontok daunnya, kecuali pohon cemara yang selalu hijau daunnya.

Seperti dilansir dari laman Health dan dikutip oleh Liputan6.com, ternyata ada beberapa manfaat pohon pinus serta cemara dalam kehidupan yang tidak pernah kita duga.

Pertama, pohon cemara mengandung vitamin C. Menurut legenda, penjelajah Prancis Jacques Cartier pernah terjebak di suatu wilayah. Pada kondisi itu, ia dan kru menghadapi kematian karena penyakit kudis. Untungnya ia bertemu dengan kepala suku setempat dan diberikan seduhan teh pinus.

Hal ini pun membuat penasaran ilmuwan Prancis bernama Jacques Masquelier di tahun 1940 menemukan fakta bahwa kulit kayu pinus mengandung Vitamin C.

Penelitian pun dilanjutkan, Masquelier menguji pohon cemara laut dan ternyata kaya senyawa antioksidan berisi flavonol dan bioflavonoid. Kandungan tersebut kemudian diolah menjadi suplemen makanan bernama Pycnogenol.

Sementara itu Jaringnews.com menyebutkan pohon Natal juga bisa meredakan stress. Salah seorang psikolog lingkungan yang berasal dari University of Survey, yaitu Dr Brigitta Gatersleben menjelaskan, bahwa pohon cemara yang seringkali digunakan untuk acara Natal ternyata dapat membantu seseorang untuk menghilangkan stress.

Hal ini disebabkan karena pohon cemara selalu saja dikaitkan dengan kesejahteraan dan juga kepuasan dalam suatu kehidupan. "Ini mengandung arti bahwa pohon cemara mampu memberikan nuansa alam yang secara tidak langsung dapat mengurangi stress dan penyakit mental," ungkap Brigitta.

Manfaat lain pohon Natal dipaparkan oleh Jitunews.com yaitu bahwa pohon cemara juga bisa meredakan Bronchitis dan juga batuk. Aroma yang dikeluarkan pohon cemara selain baik untuk kondisi mental, juga minyak yang dihasilkan dari pohon cemara sangat baik untuk meredakan jenis penyakit sinus dan juga batuk.

Caranya hanya dengan meneteskan minyak pinus atau cemara ke dalam wadah yang berisi air panas, lalu uap yang keluar dari wadah tersebut dihirup perlahan-lahan.

Manfaat terakhir pohon Natal adalah untuk membantu meredakan sakit otot. Caranya dengan meneteskan minyak pinus (P. pinaster) lima kali ke dalam dua sendok minyak makan untuk memijat nyeri pada otot. Jangan gunakan minyak pinus jenis P. sylvestris karena dapat membuat iritasi kulit.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1Po1Qns
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat