Kiat tidur nyenyak dalam pesawat

Tidur di pesawat pun butuh strategi.
Tidur di pesawat pun butuh strategi.

Dalam penerbangan singkat, kita bisa menghabiskan waktu dengan mudah. Sekadar mendengarkan musik, membaca buku, atau berbincang dengan orang di kursi sebelah bisa jadi aktivitas pengisi waktu.

Namun jika kita akan berada dalam pesawat untuk waktu yang lama, tidur menjadi hal penting. Kurang tidur terbukti dapat menurunkan performa otak hingga 20 persen.

Karenanya, dibutuhkan strategi agar tidur lebih nyenyak di dalam pesawat. Sehingga kita bisa merasa lebih bugar sesampainya di destinasi.

Sebelum penerbangan

Usahakan memilih penerbangan non setop pada malam hari. Sesuai jam tidur. Kemungkinan besar Anda akan tidur nyenyak pada jam biologis. Semakin minim gangguan dalam penerbangan, semakin tinggi kualitas tidur. Demikian dilansir Business Insider.

  • Kursi terbaik dalam sebuah penerbangan biasanya adalah yang berjarak tak terlalu jauh atau dekat dari kamar kecil. Posisinya di dekat jendela. Untuk tip mencari kursi terbaik lain, Anda bisa mengintip situs Seat Guru.
  • Kenakan pakaian nyaman. Bukan yang paling gaya, tapi paling nyaman. Bahan pakaian lembut dan longgar adalah yang paling ideal. Gunakan beberapa lapis pakaian. Anda bisa mengurangi atau menambah lapisan sesuai kebutuhan. Tidur dalam keadaan terlalu dingin atau panas akan mengurangi kenyamanan.
  • Bawa aksesori pendukung. Penutup mata, sumbat telinga, atau pelantang telinga, bantal leher. Jaket bertudung juga multifungsi. Menghangatkan, dapat jadi penutup wajah jika Anda kenakan terbalik, bisa pula jadi bantal ekstra saat Anda gulung.

Dalam penerbangan

Jangan tidur begitu pesawat lepas landas. Kemungkinan besar Anda akan terbangun saat pesawat dalam keadaan stabil. Pramugari mulai menyajikan makanan dan minuman. Sebaiknya tunggu sampai lampu dimatikan. Semua orang sudah kembali ke tempat duduknya.

  • Adalah hal tak biasa tidur sambil bersepatu. Jadi, buka sepatu Anda. Jangan lupa kenakan kaus kaki agar kehangatan terjaga dengan baik.
  • Posisi duduk yang paling nyaman buat tidur adalah bokong menempel di dudukan, punggung bersandar lurus. Meringkuk dalam selimut mungkin nyaman. Namun saat bangun badan cenderung akan sakit.
  • Bungkus badan dengan selimut. Pastikan sabuk pengaman terpasang dengan baik di luar selimut Anda. Dengan demikian pramugari tak akan membangunkan Anda untuk memastikan Anda sudah mengenakan sabuk pengaman.
  • Lebih baik membaca daripada menonton film. Pakar tidur Terry Cralle dilansir Fox News bilang, saat menonton layar, retina Anda terpapar sinar. Ini menjadi semacam sinyal yang menyuruh badan dan otak untuk tetap terjaga. Karenanya, tidur jadi lebih sulit.

Menurut pramugari Betty Thesky, kunci keberhasilan tidur di pesawat adalah, tidak berharap untuk dapat tidur dalam penerbangan.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1mj2zMH
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat