Gerhana matahari total menyapa Indonesia pada Maret 2016

Suasana gerhana matahari sebagian di sebuah pantai di Sanur, Bali pada 18 Mei 2013.
Suasana gerhana matahari sebagian di sebuah pantai di Sanur, Bali pada 18 Mei 2013.

Ada fenomena astronomi menarik yang akan terjadi pada 9 Maret 2016 yaitu terjadinya gerhana matahari total.

JejakLangit.com menjelaskan bahwa gerhana matahari total adalah saat ketika seluruh piringan matahari tertutupi oleh piringan bulan. Peristiwa ini menyebabkan cahaya matahari terhalang menuju ke suatu wilayah yang berpelurus dengan keduanya. Akibatnya sangat menakjubkan. Siang hari yang awalnya terang benderang pun mendadak menjadi seperti malam. Ya, malam dalam siang. Langit menghitam. Terlihat bintang-bintang terang. Terlihat Venus dan Merkurius di dekat Matahari. Suasana menjadi sunyi.

Berdasarkan peta yang dirilis oleh NASA, lintasan totalitas gerhana 9 Maret 2016 akan melingkupi 11 provinsi di Indonesia yakni Sumatera Barat, Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Barat, Kalimantan Tengah, Kalimantan Selatan, Kalimantan Timur, Sulawesi Barat, Sulawesi Tengah, dan Maluku Utara.

Peta wilayah Indonesia yang dilintasi jalur gerhana matahari total 2016
Peta wilayah Indonesia yang dilintasi jalur gerhana matahari total 2016

Sementara itu TEMPO.co mengabarkan Dinas Kebudayaan dan Pariwisata Provinsi Kepulauan Bangka Belitung, menyatakan sebanyak 150 astronom asal Amerika Serikat akan berkunjung ke Kabupaten Belitung untuk menyaksikan gerhana matahari total (GMT) pada 9 Maret 2016.

"Kita sudah menerima perwakilan astronom asal Amerika Serikat untuk melihat langsung akomodasi, penginapan, sarana dan prasarana yang dipersiapkan pemerintah daerah," kata Kabid Promosi dan Pemasaran Disbudpar Kepulauan Bangka Belitung, Ahmad Yani Hazir di Pangkalpinang, Senin.

LangitSelatan.com mengabarkan bahwa dalam gerhana matahari total 2016 ini jalur totalitas akan melintas dari Bengkulu, Sumatera Selatan, Bangka Belitung, Kalimantan Tengah, Sulawesi Tengah dan berakhir di Maluku Utara sebelum ia kemudian melanjutkan perjalanan ke perairan Pasifik.

Peristiwa Gerhana Matahari Total atau GMT di tahun 2016 menjadi peristiwa langka sekaligus super istimewa mengingat terakhir kali jalur totalitas melewati area Indonesia saat GMT 24 Oktober 1995 atau 21 tahun yang lampau.

Jalur Gerhana Matahari Total berikutnya baru akan kembali melintasi Indonesia pada saat terjadi Gerhana Matahari Hibrid 20 April 2023 atau 7 tahun dari GMT 2016 dan akan melintasi area Maluku Tenggara, Maluku Tengah dan Papua.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1YR9edw
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat