Etiket bermalam di rumah orang

Ini demi kenyamanan bersama.
Ini demi kenyamanan bersama.

Liburan jadi aktivitas favorit banyak orang di akhir tahun. Memiliki kerabat, sahabat di berbagai kota menguntungkan jika Anda membutuhkan tempat bermalam.

Walau menginap di rumah kerabat, ada etiket yang sebaiknya Anda perhatikan.

  • Aturan pertama dan paling penting menurut Art of Manliness adalah memberi kabar terlebih dahulu. Lebih tepatnya bertanya, minta izin. Bukan menyatakan Anda akan menginap. Walau mereka pernah bilang Anda boleh datang kapan saja, konfirmasi tetap diperlukan. Karena mereka juga punya rencana dan butuh waktu bersiap-siap menyambut tamu.
  • Saat bermalam, beri tahu tuan rumah apa rencana Anda. Terutama jika Anda punya acara sendiri, tidak pergi bersama mereka. Beri tahu mereka jam berapa Anda akan pergi dan pulang. Anda dan tuan rumah dapat saling mencocokkan jadwal. Dengan demikian tak perlu ada momen canggung lagi.
  • Bawalah buah tangan untuk tuan dan nyonya rumah. Contoh sederhana yang bisa Anda bawa adalah makanan atau minuman favorit. Ini merupakan bentuk perhatian yang cukup dari Anda sebagai tamu. Selain itu ide dari Real Simple berikut juga bisa Anda jadikan acuan mencari hadiah yang tepat.
  • Ikut beres-beres rumah tak ada salahnya. Biasanya tuan rumah akan menolak secara halus. Namun tak perlu segan menawarkan bantuan. Misal sekadar cuci piring atau menyapu halaman. Tip bersih-bersih dari Independent berikut dapat Anda terapkan untuk hasil bersih maksimal.
  • Saat tamu datang untuk bermalam, biasanya tuan rumah akan menyediakan makanan dan minuman lebih sering dan beragam. Karenanya bujet belanja mungkin membengkak. Sebagai tamu yang baik Anda bisa ikut patungan uang belanja. Beda tuan rumah, beda pula kebiasaannya. Sebagai alternatif, Anda bisa mentraktir tuan rumah makan di luar. Atau belanja di supermarket, dan masak untuk tuan rumah.
  • Biasanya tuan rumah akan beres-beres sebelum kedatangan tamu. Sehingga rumah dalam keadaan lebih rapi dan bersih dari biasanya. Sebaiknya Anda menjaga ini.
  • Ada keluarga yang punya rutinitas terjadwal. Misal saja, waktu sarapan atau ritual di akhir pekan. Anda bisa bertanya pada tuan rumah. Jangan biarkan kehadiran Anda merusak ini.
  • Bermalamlah tak lebih dari tiga hari. Benjamin Franklin pernah bilang, "Ikan dan tamu menjadi bau setelah tiga hari." Jika Anda masih berada di kota lebih lama dari itu, setidaknya carilah tempat bermalam lain.


from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1QLR9hV
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat