Duka cita musisi atas meninggalnya Lemmy Kilmister

Lemmy Kilmister saat tampil bersama Motorhead di Rock in Rio, Brasil (25/9/2011)
Lemmy Kilmister saat tampil bersama Motorhead di Rock in Rio, Brasil (25/9/2011)

Kata kunci #RIPLemmy memuncaki daftar topik tren Twitter di Indonesia, Rabu (29/12/2015). Lemmy yang dimaksud adalah nama panggilan untuk Ian Fraser Kilmister, vokalis dan bassis kelompok rock and roll Motorhead. Ia meninggal dalam umur 70 tahun setelah berjuang melawan penyakit kanker ganas yang menggerogoti tubuhnya.

"Kami tidak bisa mengungkapkan kesedihan dan keterkejutan ini. Tidak ada kata-kata yang bisa mewakilinya. Yang bisa kami katakan, silakan mainkan lagu-lagu Motorhead, Hawkwind, dan Lemmy dengan volume keras," tulis akun Facebook Official Motorhead.

Beberapa musisi tenar mengirimkan ucapan duka cita mereka melalui akun Twitter masing-masing. Beberapa di antaranya adalah Ozzy Osbourne (vokalis Black Sabbath), Flea (bassis Red Hot Chili Peppers), David Coverdale (vokalis Whitesnake), Steve Lukather (gitaris Toto), Dave Mustaine (vokalis/gitaris Megadeth), dan Brian May (gitaris Queen).

May bahkan ikut menyumbangkan permainan solo gitarnya dalam lagu "The Devil" yang terdapat di album Bad Magic. Album yang rilis 28 Agustus 2015 tersebut ternyata menjadi album terakhir Lemmy bersama Motorhead.

Kelompok rock/metal Seringai termasuk band lokal yang turut mengucapkan bela sungkawa. Pasalnya, sosok Lemmy bersama Motorhead termasuk yang memberi band ini inspirasi dalam bermusik.

Arian Arifin (vokalis), Ricky Siahaan (gitaris), Sammy Bramantyo (bassis), dan Edy Khemod (drummer) bahkan sering membawakan lagu "Ace of Spades" dalam susunan lagu yang mereka bawakan saat manggung.

Lagu yang diambil dari album berjudul sama rilisan 8 November 1980 tersebut merupakan lagu yang membuat nama Motorhead menjadi lebih populer di kancah musik dunia. Keras, cepat, dan agresif adalah tiga kata yang bisa menggambarkan karakter band yang berdiri sejak 1975 ini.

Sejak beberapa tahun terakhir, sosok yang pernah jadi kru Jimi Hendrix pada akhir dekade 60-an ini telah mengalami gangguan kesehatan yang mengakibatkan beberapa jadwal tur Motorhead tertunda.

Ketika masuk rumah sakit pada tahun 2013 karena terjadi penggumpalan darah di jantungnya, drummer Mikkey Dee telah berusaha mengingatkan Lemmy agar mulai mengubah pola hidup menjadi lebih sehat.

Januari 2014, beberapa jadwal konser di Eropa juga harus ditunda karena masalah penyakit diabetes yang dialami mantan pencabik bas kelompok Hawkwind tersebut.

Saat konser di Austin, Texas (1/9), dalam rangka promosi album Bad Magic, Lemmy yang sedang menyanyikan lagu "Metropolis" (cuplikan videonya ada di bawah) tiba-tiba menghentikan permainannya sembari berujar, "Saya tidak bisa melanjutkan konser." Dengan langkah tertatih ia meninggalkan panggung. Belakangan diketahuin bahwa Lemmy mengalami infeksi paru-paru.

Motörhead - Metropolis (Austin 09.01.15) HD



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1NMRyg4
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat