Cara mengakali "central door lock" yang bermasalah

Jepp Renegade, mobil lintas alam yang dilengkapi fitur central door lock.
Jepp Renegade, mobil lintas alam yang dilengkapi fitur central door lock.

Sebagai pemilik kendaraan, terutama mobil, tentunya Anda mengharapkan fitur pendukung keselamatan mobil tetap berfungsi secara optimal, salah satunya adalah pusat pengendali pengunci pintu mobil, atau biasa dikenal dengan central door lock (CDL).

CDL merupakan satu dari lima komponen elektrik mobil yang paling penting untuk diperhatikan perawatannya, seperti dikabarkan Astra Credit Company.

Pada dasarnya CDL merupakan sebuah komponen kelistrikan. Terdiri dari remote, modul door lock, motor door lock, serta mekanisme door lock. Komponen ini penting, karena jika salah satunya terganggu, maka fungsinya juga akan hilang. Seperti dikatakan Iwan Abdurrahman, Technical Service Division PT. Toyota Astra Motor, pada Otomania.

"Untuk kerusakannya sendiri, kita tidak pernah bisa prediksi kapan rusak. Namun yang sering terjadi, yaitu komponen remote mengalami disfungsi (mati) karena baterai yang habis. Biasanya ini terjadi sekitar dua tahun, itupun tergantung dari pemakaian," ujarnya.

Kompas.com pun menuliskan ada tiga hal yang membuat fungsi CDL mendadak macet, dua di antaranya adalah;

Door lock berkarat

Door lock (komponen pengunci pintu) yang berkarat merupakan penyakit yang jamak ditemui pada CDL. Disarankan bagi Anda untuk mengecek bagian ini secara berkala, bila perlu berikan cairan anti-karat atau pelumas. Posisi komponen ini, terletak pada bagian pinggir pintu, dan akan terkait dengan bodi.

Dinamo motor lemah

Ada komponen pada CLD yang biasa disebut ''pistol'' karena bentuknya memang mirip senapan. Komponen ini merupakan dinamo yang berfungsi untuk menggerakkan pengunci. Patut dipahami, komponen yang satu ini cukup rawan rusak, karena tonjokannya cukup kuat.

Lantas, apa yang harus dilakukan ketika tiba-tiba fitur ini mendadak gagal berfungsi atau macet ketika Anda tengah menggunakan mobil? Yang pasti kami anjurkan Anda untuk tetap tenang dan jangan panik.

Usahakan Anda mendatangi bengkel resmi yang direkomendasikan oleh pihak pabrikan, daftarnya tentu dapat Anda lihat di buku petunjuk. Atau, apabila Anda sedang berada di rumah dan ingin membongkarnya sendiri lakukan dengan hati-hati.

Ada delapan cara yang dapat Anda lakukan. Walaupun sedikit teknis, namun cara ini dapat dikatakan sebagai pertolongan pertama ketika CDL macet atau gagal berfungsi, seperti dituliskan Viva.co.id. Anda dapat melakukan sendiri atau meminta tolong teman/kerabat yang sedikit paham soal kelistrikan.

  1. Buka panel pintu (door trim) terlebih dahulu. Kendurkan dan lepas baut pemegang motor central lock. Lalu lepas motor dari dudukan dan setang pengunci.
  2. Periksa kabel hubungan dengan tespen, untuk memastikan apakah arus masih mengalir ke motor/dinamo.
  3. Sambung motor langsung ke aki untuk mengecek apakah motor pengunci berfungsi dengan baik. Bila terdengar bunyi yang normal, berarti tidak ada masalah. Jika motor tidak berfungsi sempurna, artinya ada gigi penggerak motor yang aus atau patah. Untuk mengeceknya bongkarlah motor pengunci dengan bor listrik.
  4. Lihat keadaan gigi penggerak baik pada motor maupun batangnya. Bila keausan belum parah, kikir gigi penggerak untuk mengembalikan ke bentuk semula.
  5. Bila gigi penggerak sudah parah alias patah, ubah gigi penggerak dengan mengubah ketebalan karet pengganjalan. Agar langkah batang tak sampai menyentuh gigi yang aus atau yang patah tadi.
  6. Setelah itu rakitlah kembali motor pengunci dan periksa apakah sudah bekerja dengan sempurna. Pasang motor pengunci pada pintu. Setel posisi motor sampai gerakannya sempurna sebelum mengencangkan baut pemegang.
  7. Periksa kondisi setang penghubung, pastikan tak ada yang bengkok dan bisa bekerja dengan baik.
  8. Jangan lupa untuk memasang kembali panel pintu pada tempatnya.

Semua kecanggihan yang ditawarkan sistem kelistrikan terkini pada mobil ditujukan untuk memberikan kenyamanan bagi pengendara dan penumpangnya. Namun untuk tetap dapat menikmati kenyamanan tersebut, maka dibutuhkan perawatan berkala yang memungkinkan kinerja seluruh komponen elektrik terjaga dengan baik.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1OzQC2g
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat