Awas terjebak macet malam Tahun Baru, catat pengalihan arus di Jakarta

Anggota Polri berkuda dan bermotor meninggalkan lapangan seusai mengikuti apel Operasi Lilin 2015 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12).
Anggota Polri berkuda dan bermotor meninggalkan lapangan seusai mengikuti apel Operasi Lilin 2015 di Polda Metro Jaya, Jakarta, Rabu (23/12).

Dinas Perhubungan dan Transportasi DKI Jakarta dan Polda Metro Jaya melakukan upaya pengalihan arus lalu lintas di sejumlah titik di Jakarta untuk mengantisipasi penumpukan kendaraan di jalan raya pada saat malam pergantian tahun, 31 Desember 2015 hari ini.

Pada malam tahun baru Jalan Jenderal Sudirman dan Jalan MH Thamrin ditutup mulai pukul 17.00 sampai 02.00 WIB karena pelaksanaan Car Free Night.

Dengan adanya Car Free Night, terdapat pengalihan arus lalu lintas menuju lokasi di antaranya arus Harmoni, Bundaran Air Mancur, Kebon Polisi dan Sarinah, Dukuh Atas dan Semanggi.

Berikut detail pengalihan arus lalu lintas dari rilis Humas Polda Metro Jaya.

1. Alih Arus Harmoni

a. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Suryo Pranoto yang ingin menuju Jalan Sudirman - Thamrin diluruskan ke arah Jalan Juanda atau dialihkan ke kiri ke Jalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari - Grogol - Jalan S. Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

b. Arus kendaraan yang datang dari arah Hayam Wuruk yang ingin menuju Jalan Sudirman - Thamrin dialihkan ke kiri menuju Jalan Juanda - Jalan Pos - Jalan Dr Sutomo - Gunung Sahari dan seterusnya.

c. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Veteran yang ingin menuju Jalan Sudirman hingga Thamrin dialihkan ke Jalan Suryo Pranoto - Tomang - Balikpapan - Kyai Caringin - Tomang Raya Jalan S Parman atau ke Jalan Gajah Mada maupun ke kiri Jalan KH Hasyim Ashari - Grogol - Jalan S Parman maupun Daan Mogot dan seterusnya.

2. Alih Arus Bundaran Air Mancur

a. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis menuju Medan Merdeka Barat melalui TI Museum dialihkan ke Jalan Abdul Muis Fachrudin dan seterusnya.

b. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Abdul Muis yang menuju Sudirman - Thamrin dialihkan ke Jalan Fachrudin dan seterusnya.

c. Arus kendaraan yang datang dari arah Kwitang Senen yang menuju Monas diputarbalikkan di Doorbrak Gunung Agung atau melalui Medan Merdeka Timur - Gambir dan seterusnya.

3. Alih Arus Kebon Sirih dan Sarinah

a. Arus kendaraan yang datang dari arah Abdul Muis menuju Kebon Sirih dialihkan ke arah Jalan Fachrudin KH Mas Mansyur dan seterusnya.

b. Arus kendaraan yang datang dari arah Jalan Agus Salim dialihkan ke kanan Jalan Kebon Sirih - Tugu Tani dan seterusnya.

4. Alih Arus Dukuh Atas

a. Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman menuju ke Jalan Thamrin dialihkan melalui Jalan BNI 46 Galunggung - Ke Kiri Jalan Pasar Baru Timur.

b. Arus kendaraan dari arah Karet Pasar Baru Timur menuju ke Jalan Sudirman diluruskan ke arah Galunggung - Halimun.

c. Arus kendaraan yang datang dari Galunggung menuju ke Karet Pasar Baru Timur dibelokkan ke kiri Jenderal Sudirman.

5. Alih Arus Semanggi

a. Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Senayan - Slipi dan seterusnya.

b. Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman dialihkan ke arah Blok M.

c. Arus kendaraan yang datang dari arah Sudirman menuju Thamrin dialihkan ke kiri ke Jalan Gatot Subroto dan seterusnya.

d. Arus kendaraan yang datang dari arah Gatot Subroto menuju Sudirman diluruskan ke arah Jalan Gator Subroto - Rasuna Said maupun MT Haryono.

Pemprov DKI telah menyediakan kantong-kantong parkir seperti di GBK, IRTI Monas , Istiqlal, Lapangan Banteng dan gedung-gedung parkir di sekitar lokasi car free night.

PT Transjakarta akan menyediakan 150 unit bus Transjakarta yang beroperasi selama malam tahun baru untuk memobilisasi pengunjung yang hendak merayakan tahun baru di sejumlah lokasi wisata di Jakarta.

"Jadi semua pengunjung yang hendak merayakan tahun baru di Ancol, TMII, Bundaran HI, Monas, dan lokasi wisata lainnya agar tidak menggunakan kendaraan pribadi. Kami sudah fasilitasii 150 unit busway, itu 24 jam. Jadi warga enggak usah khawatir," ujar Kabag Ops Polda Metro Jaya, Kombes Pol Martuani Sormin dikutip laman humas Polda Metro Jaya.

Bagi yang hendak ke Puncak, polisi akan menutup jalur menuju Puncak mulai 31 Desember 2015 pukul 18.00 sampai 1 Januari 2015 pukul 06.00.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1NSW0tJ
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat