5 mobil paling mahal di dunia

Koenigsegg One:1 saat diperkenalkan pada ajang Geneva International Motor Show di Swiss, 4 Maret 2014.
Koenigsegg One:1 saat diperkenalkan pada ajang Geneva International Motor Show di Swiss, 4 Maret 2014.

Pekan lalu media otomotif di dunia ramai memberitakan bahwa SuperVettura, diler mobil mewah yang berkantor di Inggris, akan menjual sebuah supercar buatan Swedia, Koenigsegg One:1 dengan harga mencengangkan, USD6 juta, atau sekitar Rp81,9 miliar dalam nilai tukar pada Selasa (22/12/2015).

Istimewanya lagi, yang ditawarkan SuperVettura adalah One:1 versi pengembangan. Artinya, inilah mobil One:1 pertama yang dibangun dan diuji sebelum akhirnya Koenigsegg meluncurkan versi produksinya pada ajang Geneva International Motor Show pada 2014.

Pabrik supercar Swedia itupun membatasi produksi One:1 hanya enam buah sehingga, ditambah versi pengembangan ini, hanya ada tujuh One:1 di dunia.

Akan tetapi, banderol Rp81,9 miliar tersebut ternyata belum menjadikan Koenigsegg One:1 sebagai mobil termahal yang pernah ada di dunia.

Mobil apakah yang berharga paling mahal? Simak daftar lima mobil termahal di dunia ini (tidak termasuk mobil-mobil yang dijual melalui pelelangan).

5. Lykan HyperSport (USD3,4 juta/Rp46,4 miliar)

Mobil Lykan HyperSport buatan W Motors dipajang di Dubai International Motor Show di Dubai, Uni Emirat Arab, 6 November 2013.
Mobil Lykan HyperSport buatan W Motors dipajang di Dubai International Motor Show di Dubai, Uni Emirat Arab, 6 November 2013.

Lykan Hypersport, mobil pertama yang diproduksi W Motors, menjadi tenar setelah ambil bagian dalam film Furious 7. Bentuknya sangat futuristis dan sanggup melesat dengan cepat.

Mobil yang diproduksi di Uni Emirat Arab ini menggunakan mesin flat-six twin-turbo yang menghasilkan tenaga 740hp dan mampu melaju 0-100 km/jam hanya dalam waktu 2,8 detik. Kecepatan puncaknya mencapai 386 km/jam.

Yang membuat harganya mahal, menurut ubergizmo, adalah perhiasan-perhiasan yang digunakan. Mobil ini memiliki LED dari titanium dengan 420 berlian 15 karat. Pembeli juga bisa menambahkan batu mulia lainnya seperti berlian kuning, rubi, dan safir.

W Motors hanya memproduksi tujuh buah mobil ini.


4. Lamborghini Veneno (USD4,5 juta/Rp61,5 miliar)

Lamborghini Veneno diperkenalkan oleh Volkswagen pada pameran Geneva International Motor Show di Swiss, 4 Maret 2013.
Lamborghini Veneno diperkenalkan oleh Volkswagen pada pameran Geneva International Motor Show di Swiss, 4 Maret 2013.

Digital Trends menuliskan bahwa mereka tidak yakin apakah ini sebuah mobil atau pesawat luar angkasa yang datang dari planet lain. Kami sepakat.

Desainnya memang radikal dengan sudt-sudut tajam yang membuatnya mirip dengan pesawat luar angkasa dalam film-film fiksi ilmiah.

Lamborghini Veneno tentu saja sangat kencang. Menggunakan mesin 6,5 liter V12 yang bisa menghasilkan tenaga 740hp, Veneno bisa melesat dari 0-100km/jam dalam 2,9 detik saja.

3. Koenigsegg CCXR Trevita (USD4,8 juta/Rp65,6 miliar)

Koenigsegg CCXR Trevita.
Koenigsegg CCXR Trevita.

Trevita adalah kata dalam bahasa Swedia yang berarti "tiga putih" dan mobil ini memang didominasi oleh warna tersebut. Awalnya Koenigsegg berniat untuk memproduksi tiga unit mobil ini. Tetapi, seperti diceritakan dalam laman resminya, pabrik mobil Swedia itu kesulitan untuk memproduksi fiber karbon berwarna putih sehingga produksi dikurangi menjadi dua unit saja.

Yang membuatnya mahal, Koenigsegg menyiramkan debu berlian sungguhan di sekujur bodi fiber karbon Trevita, yang mereka sebut "Proprietary Diamond Weave". Oleh karena itu mobil ini akan tampak berkilau saat tersorot sinar matahari.

Selain bodi berlian, Koenigsegg juga membenamkan mesin 4,8 liter V8 yang bisa membuat Trevita berakselerasi dari diam hingga 100 km/jam hanya dalam waktu 2,9 detik dengan kecepatan puncak diklaim mencapai 410+ km/jam.


2. Koenigsegg One:1 (USD6 juta/Rp81,9 miliar)

Koenigsegg One:1.
Koenigsegg One:1.

Ketika mobil ini diluncurkan pada 2014, harga awal yang ditawarkan adalah USD2 juta atau Rp27,33 miliar dalam kurs hari ini. Akan tetapi, seperti yang telah kami paparkan pada pembukaan artikel ini, Koenigsegg One:1 yang ditawarkan SuperVettura adalah versi pengembangan sebelum Koenigsegg membuat versi produksinya.

One:1 jelas bukan mobil sembarangan. Motor Authority menyatakan, "inilah mobil yang menulis ulang aturan mengenai seberapa cepat mobil yang legal di jalanan bisa melaju."

Berbekal mesin aluminium 5,0 liter V8 dengan empat katup per silinder, mobil ini bisa mengeluarkan tenaga 1.400hp. Dengan bobot 1.360 kg berarti One:1 menawarkan rasio tenaga-berat 1:1, yang sulit dicapai oleh sebuah mobil produksi untuk jalan raya.

Oleh karena itu Koenigsegg menamakannya One:1 (satu banding satu).

Dengan tenaga sebesar itu, One:1 bisa melaju dari 0-300 km/jam dalam waktu kurang dari 12 detik, dengan kecepatan puncak mencapai 440 km/jam.

1. Maybach Exelero (USD8 juta/Rp109,3 miliar)

Mantan pebalap German Touring Masters (DTM), Klaus Ludwig, berpose di sebelah Maybach Exelero di Essen, Jerman, 7 November 2005.
Mantan pebalap German Touring Masters (DTM), Klaus Ludwig, berpose di sebelah Maybach Exelero di Essen, Jerman, 7 November 2005.

Mobil ini diproduksi pada 2004 sehingga, menurut perhitungan Digital Trends, harganya saat ini bisa mencapai USD10,1 juta (Rp138,21 miliar).

Hanya ada satu Maybach Exelero yang dibuat khusus atas permintaan Fulda Tires. Perusahaan ban itu butuh sebuah kendaraan untuk mengiklankan ban lebar terbaru produksi mereka. Maybach, yang merupakan bagian dari Daimler AG, kemudian membangun Exelero.

Seperti dikabarkan Top Gear, Penyanyi rap Bryan Williams alias Birdman kemudian membeli mobil ini dengan harga USD8 juta pada 2011.

Exelero menggunakan mesin V12 twin-turbo bertenaga 700hp yang bisa mencapai kecepatan puncak 350 km/jam. Fokus mobil ini bukanlah kecepatan melainkan fitur-fitur mewah yang berada di ruang dalamnya.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1QIReD2
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat