4 ide acara tukar kado

Tradisi tukar kado awalnya tak berhubungan dengan Natal
Tradisi tukar kado awalnya tak berhubungan dengan Natal

Tradisi tukar kado sudah ada sejak zaman Romawi Kuno. Malah pada awalnya tak berhubungan dengan Natal.

History Today melansir, bangsa Romawi mengenal Saturnalia. Masa di mana bangsa Romawi menikmati waktu bersantai dan saling bertukar hadiah. Mulai dari boneka, lilin, hingga burung dalam sangkar.

Di Indonesia, tradisi tukar kado juga ditemukan di sekolah, kantor, dan kalangan terbatas. Acara tukar kado ini biasanya diadakan menjelang akhir tahun, atau menyambut tahun baru.

Ada berbagai ide acara tukar kado. Penjelasan dari Apartment Therapy yang telah disesuaikan berikut bisa Anda jadikan inspirasi.

Pemberi Rahasia

Beberapa waktu sebelum acara tukar kado, masing-masing nama peserta ditulis dalam secarik kertas kecil. Setelah dikumpulkan, masing-masing mengambil satu.

Dengan demikian, masing-masing orang tahu akan membeli kado untuk siapa. Tanpa tahu akan menerima kado dari siapa. Tentukan perkiraan harga minimal dan maksimal kado.

Gonta-ganti kado

Ini yang paling seru. Seluruh peserta membawa kado yang dibungkus tanpa tahu siapa yang akan menerimanya. Undi nomor, ambil hadiah secara bergilir.

Misal orang pertama mengambil kado, membukanya. Mereka boleh menyimpannya sambil menunggu giliran teman berikutnya. Orang berikutnya berhak membuka kado lain, atau mengambil kado orang yang pertama. Jika ada yang kadonya dicuri, aturan sama berlaku. Mereka boleh mencuri dari teman lain, atau membuka kado baru.

Biasanya ada aturan di awal permainan. Misal, berapa kali batas sebuah kado dapat berpindah tangan. Atau batasan mencuri dari teman sebelumnya. Permainan ini berlanjut sampai peserta terakhir memilih atau mencuri kado.

Tukar kado bertema

Masing-masing orang menyepakati satu tema kado. Misal cangkir kopi, baju hangat norak, dan lain sebagainya.

Saat acara berlangsung, atur proses tukar kado. Misal, semua dibungkus kertas koran dan diberi nomor. Peserta yang datang mengambil nomor secara acak untuk menentukan kado yang ia dapatkan.

Tukar kado jarak jauh

Ide dari Real Simple ini cocok bagi mereka yang terpisahkan oleh jarak. Begini caranya.

Misal ada 4 peserta tukar kado. Maka orang pertama akan memasukkan 4 kado yang disukai oleh seluruh peserta. Ia mengirimkannya ke peserta ke-2. Peserta ke-2 mengambil kadonya, dan menambahkan kado darinya untuk 4 peserta lain. Lalu mengirim lagi kotak kado pada orang ke-3, dan selanjutnya. Sampai orang pertama mendapatkan 4 kado dari seluruh peserta.



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1PpGDtm
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat