10 kiat menjalankan resolusi sehat 2016

Gerak badan secara teratur setiap hari bisa menjadi sebuah resolusi yang bagus untuk tahun depan.
Gerak badan secara teratur setiap hari bisa menjadi sebuah resolusi yang bagus untuk tahun depan.

Tahun baru akhirnya datang juga. Banyak orang membuat resolusi untuk hidup lebih sehat di tahun yang akan datang. Meskipun bukan sebuah kewajiban, penetapan resolusi akan membantu dalam membidik target, membuat capaian tertentu dalam hidup.

Menjalankan resolusi memang membutuhkan kedisiplinan dan kemauan yang kuat agar cita-cita itu bisa tercapai. Resolusi pada dasarnya merupakan sebuah janji kepada diri sendiri.

PopSugar menyajikan 52 inspirasi sehat yang mungkin bisa dipilih salah satunya untuk dijadikan resolusi, misalnya selalu minum air putih saat bangun dari tidur, berjalan 10 menit selama tiga kali dalam sepekan, dan lain-lain.

Hanya sekitar 12 persen orang yang bisa mencapai resolusi tahun baru yang telah mereka tetapkan. Angka itu berdasarkan sebuah studi pada 2007 yang dilakukan oleh psikolog Inggris, Richard Wiseman.

Wiseman melakukan studi terhadap lebih dari 3 ribu orang yang membuat resolusi tahun baru untuk dilaksanakan sepanjang tahun yang akan datang itu.

Kemudian Wiseman mengidentifikasikan sebenarnya apa saja yang membuat seseorang bisa menepati janji mereka. Ternyata langkah-langkah yang dilakukan oleh mereka cukup masuk akal.

Apapun bentuk resolusi yang akan diucapkan, berhenti merokok, menurunkan berat badan, atau hidup lebih sehat sepanjang tahun, Wiseman menjabarkan langkah-langkah yang bisa diikuti oleh siapapun sebagai berikut:

  1. Buatlah hanya satu resolusi saja, jika memungkinkan. Perubahan yang terlampau banyak dalam satu kesempatan bisa menimbulkan stres. Itu tentu akan sangat sulit. Jadi, mulailah dari sebuah resolusi tunggal.
  2. Lakukan refleksi diri sebelum akhirnya memutuskan untuk memilihnya menjadi sebuah resolusi. Bayangkan bagaimana hasil akhir dari resolusi yang dipilih itu.
  3. Buatlah resolusi. Jangan menengok kegagalan di masa yang lampau karena hanya akan membuat depresi.
  4. Buatlah resolusi pribadi. Apakah itu benar-benar yang diinginkan atau apakah itu sekadar tren sesaat?
  5. Buatlah resolusi yang bisa diatur oleh diri sendiri yang dilengkapi dengan langkah-langkah nyata dan tenggat yang spesifik.
  6. Umumkan resolusi itu kepada orang lain, misalnya rekan, kerabat, keluarga atau jejaring sosial. Hal ini akan memberikan dukungan dan meningkatkan ketakutan terhadap kegagalan yang mungkin terjadi.
  7. Buatlah sebuah daftar yang berisi bagaimana resolusi itu bisa membuat hidup yang lebih nyaman.
  8. Berikan penghargaan kepada diri sendiri untuk setiap kemajuan yang berhasil dicapai seberapa pun kecilnya.
  9. Dokumentasikan kemajuan yang dicapai. Lakukan pencatatan bagaimana hal itu bisa dicapai, misalnya lewat jurnal, atau lewat media sosial.
  10. Jangan berhenti berusaha meraih resolusi itu jika mengalami kegagalan. Ulangi lagi sesegera mungkin, kapan pun itu.

How to achieve your New Year's Resolution in 59 Seconds



from RSS Beritagar.id http://ift.tt/1Tr8gmN
via Hatree Indonesia

Posting Komentar

Lagi Hangat